Sabar Menanti Ikan Buruan Sambar Umpan

JawaPos.com - Bagi penghobi mancing, menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendapatkan ikan buruan merupakan bagian yang harus dilalui, sebelum memetik hasil. Mereka memiliki kesabaran dan ketelatenan yang tinggi, untuk menunggu ikan buruan menyambar umpan pada mata pancing.

Selain menyalurkan hobi, mereka juga bisa menikmati suasana santai di alam bebas kawasan pantai sepanjang hari. 

Penghobi mancing di kawasan pantai sering kali memilih lokasi mancing yang memiliki arus bagus, yang tidak terlalu besar atau kecil. Ketika memutuskan mancing pada malam hari, mereka bakal menghindari waktu mendekati bulan purnama, sebab ikan buruan lebih sulit dideteksi keberadaannya.

Untuk lokasi menghabiskan waktu santai tersebut, masing-masing pemancing memiliki selera berbeda. Ada yang gemar di area tebing karang hingga menghabiskan waktu di bibir pantai, untuk menunggu ikan buruan menyambar umpan. Namun, selama ini untuk mendapatkan ikan buruan, dikembalikan lagi pada keberuntungan masing-masing pemancing. 

Perangkat utama yang dibutuhkan untuk menyalurkan hobi mancing antara lain joran, reel, senar, pelampung, pemberat, hingga mata pancing atau kail. Untuk aktivitas mancing di kawasan pantai, biasanya dipilih joran atau stik pancing yang memiliki ukuran lebih panjang.

Bagian yang biasa disebut walesan ini dipilih yang memiliki panjang sekitar 2,7 meter hingga 4,5 meter. Pilihan bahannya bisa dari fiber maupun carbon. Harganya juga bervariasi mulai Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu, untuk joran berbahan fiber, dan harga Rp 400 ribu hingga Rp 1,5 juta, untuk joran berbahan carbon.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar