Rencanakan Pengeluaran Sejak Awal

BLITAR - Tidak terasa, kurang dari sebulan umat Islam sudah kembali pada bulan suci Ramadhan. Biasanya, saat puasa dan Lebaran, pengeluaran akan membuncit dibandingkan bulan lainnya. Oleh sebab itu, untuk mempersiapkannya bisa dengan merencanakan keuangan sebulan bahkan dua bulan sebelumnya. Sehingga, usai Lebaran tidak mengalami bokek. 

Daftar pengeluaran rumah tangga selama puasa dan Lebaran bisa berderet-deret. Mulai dari anggaran belanja rumah tangga, membeli perabotan rumah, pengecatan, hingga renovasi rumah. Lalu, persiapan tiket pulang kampung, servis kendaraan, kue Lebaran, ataupun baju baru untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. 

Biasanya, sokongan dari perusahaan dengan cairnya tunjangan hari raya (THR) sangat membantu. Tetapi, tidak jarang masih saja ada yang merasa kurang, karena kesalahan dalam merencanakan keuangan.

“Padahal kalau dihitung-hitung, gaji plus THR jumlahnya kan dua kali penghasilan bulanan. Hanya saja, biasanya, pengeluaran selama puasa dan Lebaran itu bisa hingga lima kali lipat pengeluaran normal. Jadi harus benar-benar bijak menggunakan uang,” kata Supriono, salah satu pengamat ekonomi di Blitar. 

Adapun beberapa tips mengatur keuangan agar kondisi financial tetap sehat selama puasa dan Lebaran, bisa menjadi tambahan wawasan bagi Anda.

“Kuncinya sebenarnya pengendalian diri. Seringkali kan kita dengar, berapapun penghasilan Anda akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi akan kurang jika menuruti gaya hidup,” imbuh pria berkumis ini. 

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar