Belum Cukup Umur, Bebas Naik Motor

TRENGGALEK – Mungkin ini yang dinamakan menyenangkan anak dengan cara yang salah. Fenomena siswa sekolah yang notabene belum diperbolehkan membawa sepeda motor karena belum cukup umur justru masih marak di wilayah pinggiran, tak terkecuali di Munjungan. Setiap hari bisa dengan mudah menemukan bocah bau kencur berseliweran menuju sekolah naik sepeda motor tanpa pengaman yang memadai.

Koran ini melihat sendiri saat menuju lokasi SDN 1 Bendoroto pada Senin (18 7) lalu. Di sepanjang jalan mulai masuk wilayah Munjungan hingga tiba di lokasi banyak siswa sekolah berumur antara 10 sampai 12 tahun dengan santainya melaju dengan sepeda motor. Mereka tampaknya tidak memperhatikan apakah sudah pantas berkendara jika dilihat dari segi umur.

Seperti yang dilakoni Gunawan, salah satu siswa SDN 1 Bendoroto   Kecamatan Munjungan. Diaa dan sejumlah siswa lain di kelas lima dan enam sudah dua tahun terakhir menggunakan sepeda motor untuk menuju sekolah. Meskipun belum cukup umur dan melewati medan pegunungan, dia tetap nekat menggunakan motor karena dinilai lebih cepat sampai di sekolah. “Saya sudah dua tahun ini naik sepeda motor ke sekolah,” akunya.(rka/tri)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar