Oh, Alun-alun Kota Trenggalek Makin Tak Terurus

TRENGGALEK - Semrawutnya penataan di Alun-Alun Trenggalek, disesalkan sejumlah komunitas  di Trenggalek. Pasalnya, tidak seharusnya penataan taman yang menjadi ikon kota terkesan tak terpelihara. Ketua Komunitas Pemuda Trenggalek (KPT), Anjar Laksono mengatakan, seharusnya bukan hanya penataan dan pembangunan yang dilakukan pada lokasi tersebut. Melainkan, perlu adanya tim pengelola yang bertugas menjaga keamanan dan kebersihan lokasi tersebut. “Seharusnya Pemkab Trenggalek meniru kota lain, yang mengelola sepenuhnya alun alun agar tetap terlihat bersih dan menarik,” katanya Rabu (1/3).

Menurut Anjar,   untuk itu bisa disiasati dengan menjadwalkan secara rutin anggota Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan petugas Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perwaskim LH) ke lokasi tersebut. Sehingga, keamanan fasilitas yang ada dan kebersihan alun-alun dapat terus dijaga dan dipelihara. “Dengan penjadwalan secara rutin itu, petugas bisa menegur jika ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan ataupun berniat merusak fasilitas. Sehingga semuanya bisa terus terjaga,” tuturnya.

Sementara itu, Saiful Arif salah satu anggota komunitas menambahkan, sebenarnya beberapa waktu lalu Bupati Emil Elistianto Dardak, berjanji akan membentuk komunitas pecinta alun-alun yang nantinya mengelola. Selain itu, juga berencana mengupayakan agar alun-alun menjadi suatu lokasi wisata malam bagi masyarakat. Dengan demikian, perlu dilaku kan pengelolaan alun-alun agar fasilitas yang ada, kebersihan dan keberadaan pedagang kali lima (PKL) dapat terus terjaga. Untuk itu, komunitas berharap bupati segera merealisasikan janji tersebut, agar alun-alun dapat terpelihara dengan maksimal. “Semoga saja hal ini segera dilakukan, agar Alun-Alun Treng galek ada yang mengelola dan tidak kalah dengan alun-alun di lokasi lain,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamanan Dinas Perwaskim LH, Muyono Piranata menjelaskan, pada tahun ini telah direncanakan pembangunan beberapa wilayah di alun-alun. Untuk itu, Perwaskim LH sedang melakukan pengkajian mengenai beberapa lokasi yang perlu diubah dan bagian mana yang perlu diperbaiki. “Saat ini masih dalam tahap perencanaan. Kemungkinan pembangunan akan dilakukan sekitar Mei mendatang,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kerusakan area bermain di taman alun-alun terus terjadi. Kerusakan yang ada belum juga diperbaiki dan justru bertambah parah. Tak pelak, hal ini membahayakan masyarakat, terutama anak-anak kecil yang bermain di area tersebut. (jaz/rka/JPG)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar