Peternak Terkendala Perolehan Bibit Lele

TULUNGAGUNG – Meski Kota Marmer termasuk daerah kawasan sentra lele. Tetap saja masih menyisahkan persoalan. Sebab sebagian besar pembudidaya ikan yang memiliki nama latin clarias, hingga kini terpaksa mendatangkan bibit dari luar kota.

Yang jadi rujukan para pembudidaya ikan lele untuk berburu bibit adalah Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Sebab di Tulungagung belum memiliki pusat pembibitan. Imbasnya pembudidaya atau kelompok peternak harus ekstra cepat agar tidak kehabisan stok. “ Mendapatkan bibit ikan lele dari luar daerah. Yakni Pare, Kediri. Itu disebabkan tidak adanya pembibitan di Tulungagung,” jelas Ketua Kelompok Budidaya Lele Mekarsari, Parsan.

Warga Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang itu, mengaku bibit ikan yang di butuhkan 250 ekor setiap hari, dengan ukuran lima sentimeter. Tak adanya kesediaan di Tulungagung, membuatnya harus lebih ekstra untuk mendapatkannya di luar kota. Dan pasti, harus lebih cepat agar bisa dapat jatah. Kalau tidak bisa jadi diambil oleh kelompok budidaya ikan lele lainnya.

Dia berpendapat pemilihan benih pun harus lebih jeli. Karena itu nanti berdampak pada pertumbuhan dan hasil yang didapat. “ Ya kalau ambil dari luar kota, otomatis ada persaingan dari kelompok lain. Jadi yang cepat dia dapat,” jelasnya.

Untuk hasil kelompok budidaya ikan lele saat ini, mampu menghasilkan sekitar 20 ton per minggu dari 28 anggota yang tergabung dalam Kelompok Budidaya Lele di Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang. Tak tanggung ikan lele di Desa Gondosuli mampu tembus pasar di luar Jawa Timur, seperti Semarang, Jogjakarta, Klaten, Magelang, Solo dan masih banyak lainnya. “ Ikan lele dari Gondosuli juga dipasok ke sejumlah kota besar di Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, bahkan sebagian luar Jawa,” ungkap pembudidaya ikan lele lainnya, Suratman.

Saat ini harga ikan lele di pasaran pembudidaya dipatok Rp14.500 per kilogram, sementara harga ikan lele asap yang biasa dijual ke pasar tradisional Tulungagung bisa dipatok hingga Rp 20 ribu. (lil/din)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar