Rabu, 19 Dec 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung
Haji Tulungagung

Bupati Lepas 1.103 Calon Jamaah Haji

26 Juli 2017, 17: 21: 35 WIB | editor : Whendy Gigih Perkasa

SEMOGA MABRUR: Bupati Syahri Mulyo mengalungkan kain serba kepada CJH.

SEMOGA MABRUR: Bupati Syahri Mulyo mengalungkan kain serba kepada CJH. (Whendy Gigih Perkasa/RATU)

TULUNGAGUNG- Pelepasan Calon Jamaah Haji (CJH) 2017 digelar di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa kemarin (25/7). Acara yang dimulai sekitar pukul 08.00 itu dihadiri Bupati Syahri Mulyo, kepolisian, TNI, segenap pejabat di lingkup pemkab Tulungagung, dan sejumlah tokoh agama.

Jumlah CJH 2017 sebanyak 1.103 orang. Rinciannya, 638 jamaah perempuan, dan 482 jamaah pria. Sebelum resmi dilepas, para CJH mengikuti istighosah dan doa bersama.

Bupati Syahri Mulyo menyatakan, tahun ini pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk kelancaran CJH Tulungagung sekitar Rp 600 juta. Selain itu juga bakal secepatnya diberlakukan perda tentang haji yang tentunya semakin memberi kemudahan bagi CJH. “Adanya perda tentu nantinya perhatian pemerintah daerah kepada para jamaah haji akan lebih besar,” ungkapnya.

Dikatakan Syahri yang paling dibutuhkan para jamaah salah satunya terkait transportasi. Yakni dari tempat pemberangkatan menuju ke asrama haji ataupun bandara. Selama ini, transportasi itu masih swadaya dari para jamaah. “Karena itulah dengan adanya perda nantinya bisa membantu,” jelasnya.

Pria ramah itu juga berharap para CJH Tulungagung bisa diberi kelancaran menjalankan ibadah haji, mulai dari berangkat sampai kembali pulang ke tanah air dan rumah masing-masing. “Semoga semua lancar, bisa kembali utuh. Semoga menjadi haji mabrur,” kata Syahri.

Kabag Kesra Suyadi mengatakan anggaran yang digunakan untuk jamaah haji dari pemerintah daerah di antaranya untuk kain batik, suvenir, keamanan pemberangkatan dan pulang, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, besaran biaya yang menjadi tambahan bagi CJH tahun ini bisa berkurang. “Tahun ini tambahannya sekitar Rp 200 ribu, tahun lalu Rp 300 ribu. Semoga dengan adanya perda haji nantinya pemerintah bisa menanggung biaya tambahan, sehingga CJH tidak ada biaya tambahan lagi,” jelasnya. 

(rt/whe/whe/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia