Rabu, 19 Dec 2018
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Satu SD Tolak Pangadaan Buku

24 Juli 2018, 13: 00: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

GRAFIS SEPUTAR PENERIMA BUKU PERPUSTAKAAN

GRAFIS SEPUTAR PENERIMA BUKU PERPUSTAKAAN (HENDRA NOVIAS/RATU)

TULUNGAGUNG – Impian SDN 1 Jabalsari di Kecamatan Sumbergempol untuk mendapatkan buku perpustakaan pupus sudah. Mengingat sekolah secara langsung menolak untuk mendapatkan buku penunjang perpustakaan. Alasannya, mereka tidak memiliki ruangan perpustakaan yang representatif. Sehingga yang bakal mendapat nantinya hanya 11 sekolah tersisa.

Kasubbag Bina Program Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung  Heri Purnomo mengatakan, tahun ini pihaknya memang memiliki program untuk pengadaan buku perpustakaan untuk sejumlah SD di bawah SKPD yang berada di Jalan Ki Mangunsarkoro itu. Namun tidak menyeluruh untuk seluruh sekolah.

“Hanya beberapa SD saja yang kami programkan,” katanya kemarin (23/7).

Menurut dia, kali ini sebenarnya ada 12 sekolah yang diajukan. Yakni SD yang dianggap belum memiliki perpustakaan yang layak untuk menunjang aktivitas pembelajaran siswa. Sehingga perpustakaan yang ada di sekolah bersangkutan harus dilengkapi sedemikian rupa dengan penambahan buku.

“Namun, ada sekolah yang tidak bersedia menerima program itu,” jelasnya.

Sekolah yang dimaksud adalah SDN 1 Jabalsari, Kecamatan Sumbergempol. Alasannya, sekolah belum memiliki bangunan perpustakaan yang representatif. Sehingga untuk saat ini tidak berkenan untuk melakukan penambahan buku. “Kami tidak memaksa dan sudah menjadi kebijakan sekolah jika belum berkenan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, pengadaan buku perpustakaan itu menelan anggaran Rp 500 juta yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dan sudah selesai masa lelangnya. Nantinya, buku-buku tersebut akan disebar ke setiap sekolah yang masuk dalam pemrograman pengadaan. Yakni ada 10 sekolah tersisa.

“Jika semua sudah siap, buku-buku itu akan didistribusikan. Harapannya, siswa bisa mendapat bahan bacaan yang bermanfaat untuk menunjang pembelajaran,” tandasnya. (rka/ed/din)  

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia