Selasa, 13 Nov 2018
radartulungagung
icon featured
Hukum & Kriminal

Pencuri Disel Kabur dari Kejaran Masa, Eh Kepergok Polisi Patroli

Rabu, 31 Oct 2018 12:14 | editor : Anggi Septian Andika Putra

TAK BERKUTIK: Dua pelaku bersama diesel yang dicurinya yang kini diamankan di Polsek Srengat.

TAK BERKUTIK: Dua pelaku bersama diesel yang dicurinya yang kini diamankan di Polsek Srengat.

BLITAR KABUPATEN – Agung Yuono,22, warga Desa Pojok, Kecamatan Ponggok dan M. Yusri Nur Solikin,17, warga Desa Jiwut, Kecamatan Nglegok harus berurusan dengan polisi. Itu setelah kedua pemuda ini tepergok warga mencuri diesel di sawah di Kelurahan Dandong, Kecamatan Srengat.

Diesel milik Sunarto warga asal Desa/Kecamatan Sanankulon saat itu ditaruh di persawahan. Setelah digunakan mengairi sawah diesel itu ditinggal di sawah dan disimpan di sebuah galian.  

Akibat perbuatannya itu, dua pemuda pengangguran tersebut harus meringkuk di tahanan Polsek Srengat.

Informasi yang diterima dari kepolisian, aksi pencurian diesel itu diketahui sekitar pukul 12.00. Awalnya, seperti biasa Sunarto pergi ke sawah di wilayah Kelurahan Dandong, Kecamatan Srengat sekitar pukul 06.00.

Dia pergi ke sawah untuk mengairi sejumlah petak sawah. “Dia menggunakan diesel pompa air untuk mengairi sawahnya,” jelas Kapolsek Srengat Kompol Putut Suhermanto, kemarin (29/10).

Usai mengairi sawah, lanjut Putut, disel pompa air itu diletakkan di sawah. Yakni dengan disimpan di galian. Setelah disimpan, diesel tersebut ditinggal pulang.

Kemudian sekitar pukul 12.00 Sunarto kembali ke ladang lagi untuk berencana mengairi beberapa petak sawah lain lagi.

Tiba di sawah Sunarto langsung menuju tempat diesel yang dismpannya tersebut. Begitu sampai di tempat menyimpan dieselnya, dia terkejut lantaran disel sudah tidak ada.

“Kemudian dia mencari di sekitar lokasi tapi juga tidak kunjung ketemu,” terang perwira berpangkat satu melati di pundak ini.

Aksi pencurian itu terjadi, jelas dia, ketika Sunarto pulang ke rumah. Kesempatan itu dimanfaatkan dua pelaku untuk mencuri diesel. Namun, saat itu sempat ada warga yang melihat.

Kemudian warga langsung berusaha mengejar dua pelaku yang mengendarai sepeda motor dengan membawa diesel hasil curian tersebut. “Pelaku mencuri diesel yang disimpan tersebut dengan menggunakan tangga.

Lalu, turun dan mengambil diesel. Setelah diambil,  dibawa dengan mengendarai sepeda motor. Kemudian ada warga yang melihat dan dikejar,” terang polisi ramah ini.

Warga yang mengetahui saat itu juga langsung melapor ke polisi yang saat itu sedang patroli. Dikejarlah dua pelaku itu bersama-sama.

Di tengah perjalanan, polisi berhasil memergoki pelaku dan langsung menghentikan laju sepeda motornya. “Setelah anggota menginterogasi, dua pelaku mengakui jika diesel yang dibawa adalah curian,” terangnya.

Untuk memastikan diesel tersebut milik Sunarto, polsek menghubungi pemilik. Setelah Sunarto mendatangi Polsek Srengat dan melihat diesel, ternyata benar  miliknya.

Dua pelaku langsung ditahan untuk penyidikan lebih lanjut. (sub/ziz)

(rt/kan/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia