Selasa, 13 Nov 2018
radartulungagung
icon featured
Blitar

Kotak Suara KPU Kota Blitar Tiba Langsung Disimpan

Jumat, 02 Nov 2018 15:15 | editor : Anggi Septian Andika Putra

MODEL BARU: Ribuan kotak suara kardus yang belum dilipat tiba pada Kamis sore kemarin (1/11).

MODEL BARU: Ribuan kotak suara kardus yang belum dilipat tiba pada Kamis sore kemarin (1/11). (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA – Kotak suara Pemilu 2019 yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba kemarin (1/11). Kotak suara model baru bermaterial kardus itu tiba dengan diangkut truk kontainer.

Sebelumnya, kotak suara sempat dijadwalkan tiba pada 28 Oktober. Lalu dikabarkan mundur pada 31 Oktober. Namun setelah ditunggu-tunggu, ternyata tidak datang. Kotak suara akhirnya tiba pada Kamis (1/11). Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, kotak suara yang tiba berjumlah sebanyak 2.654 kotak.

Kotak suara kardus tersebut langsung dibongkar dari truk dan disimpan ke gudang logistik KPU Kota Blitar yang berada di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul. Atau tepatnya di utara Pasar Hewan Dimoro. “Kotak suara sementara kami simpan terlebih dahulu di gudang. Setelah besoknya (hari ini, Red) kami cek,” ujar Kasubbag Keuangan Umum dan Logistik KPU Kota Blitar Chrisetyo Widyaksono kepada Koran ini di gudang logistik kemarin.

Chris menjelaskan, kotak-kotak suara kardus tersebut masih terbungkus dengan plastik.Untuk sementara, KPU belum berani membuka atau pun melipat kotak suara tersebut sebelum ada instruksi dari KPU pusat. “Belum kalau itu (melipat kotak, Red). Kami nanti tunggu instruksi dari KPU dulu. Pemilu juga masih lama,” kata pria berkulit putih ini.

Kotak suara yang tiba itu masih berwujud lembaran kardus berwarna putih. Belum dilipat menjadi kotak. Nantinya, KPU yang akan melipat menjadi kotak suara yang sesuai dengan prosedur KPU RI. Kotak suara kardus merupakan model baru. Salah satunya sisinya transparan sehingga nantinya mudah dilihat.

Dengan adanya kotak suara kardus itu, otomatis kotak suara dari material seng tidak digunakan. KPU Kota Blitar berencana melelang sejumlah kotak suara tersebut. Nantinya, uang hasil lelang akan disetorkan kepada KPU RI. “Ya, kami akan lelang. Tapi menunggu informasi dulu dari KPU RI,” jelas Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budi.

(rt/kan/abd/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia