Selasa, 13 Nov 2018
radartulungagung
icon featured
Blitar

Program PTSL Blitar Diserahkan Akhir Tahun

Jumat, 02 Nov 2018 17:35 | editor : Anggi Septian Andika Putra

BIDANG TANAH: Area persawahan dan pemukiman jika belum bersertifikat bisa mengikuti Program PTSL.

BIDANG TANAH: Area persawahan dan pemukiman jika belum bersertifikat bisa mengikuti Program PTSL. (Syaiful Anwar/Radar Blitar)

BLITAR KABUPATEN – Warga yang mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun ini, dalam waktu dekat bakal menerima sertifikat tanah.  Itu setelah, Program PTSL di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Blitar, hampir kelar.

Berdasarkan data dari BPN Kabupaten Blitar, tahun ini program PTSL mencapai 48 ribu bidang tanah. Jumlah itu sesuai dengan target Pemerintah Pusat. Saat ini proses pemberkasan sudah mencapai 97 persen.

“Untuk pengumpulan data yuridis dan pemberkasan sudah mencapai 97 persen. Kemungkinan akhir bulan ini, semuanya sudah terselesaikan alias mencapai seratus persen,” ungkap Kasi Hubungan Hukum Pertanahan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Blitar Syamsudin.

Jika bulan ini program PTSL sudah kelar seratus persen, maka dalam waktu dekat pengurusan sertifikat tanah melalui program PTSL, akan langsung diserahkan kepada warga atau penerima. Sesuai jadwal, akan diserahkan pada akhir tahun ini.

“Penyerahan akan dilakukan di tingkat desa secara bertahap, agar sertifikat tanah bisa langsung diterima dan tidak salah penerima,” jelasnya.

Syamsudin mengatakan, target program PTSL di Kabupaten Blitar, setiap tahunnya selalu bertambah. Dia menjelaskan, pada 2016 target PTSL hanya 5 ribu bidang. Jumlah meningkat signifikan pada 2017, mencapai 21.5 ribu bidang.

Tahun ini, target PTSL melonjak drastic, yakni 48 ribu bidang. “Nah, tahun depan target PTSL juga ditargetkan naik menjadi 52,5 ribu bidang,” ujarnya.

Meski jumlah target program PTSL bertambah setiap tahunnya, namun di akhir tahun target program tersebut selalu terpenuhi dan selesai tepat waktu. Sebab, program ini tidak hanya dikerjakan oleh BPN, tetapi semua stakeholder di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar yang terlibat, serta Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda) ikut membantu.

“Semua pihak yang terlibat dalam program ini, ikut bertugas sesuai tupoksinya dalam menyelesaikan program nasional, jadi kami sangat mengapresiasi,” ucapnya. 

(rt/sai/rid/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia