Sabtu, 17 Nov 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Jaga dan Tegakkan Kedaulatan

Sabtu, 03 Nov 2018 11:00 | editor : Anggi Septian Andika Putra

TERTIB: Massa AMTP NKRI berorasi di depan gedung dewan sebelum berangkat long march kemarin.

TERTIB: Massa AMTP NKRI berorasi di depan gedung dewan sebelum berangkat long march kemarin. (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

TULUNGAGUNG - Sekitar 1.000 orang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Tulungagung Peduli (AMTP) NKRI menggelar aksi damai kemarin (2/11). Mereka long march dari depan gedung DPRD Tulungagung Jalan RA Kartini melewati beberapa jalan protokol. Yakni Jalan A. Yani Timur dan Jalan Jaksa Agung Suprapto. Long march berakhir di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa.

Sepanjang perjalanan, massa yang terdiri atas berbagai elemen masyarakat itu menyuarakan kuatnya persatuan NKRI. Massa juga berorasi di beberapa titik, mengajak masyarakat menegakkan dan menjaga identitas NKRI.

Pada aksi yang dimulai sekitar pukul 13.00 itu, massa membawa spanduk dengan berbagai tulisan. Beberapa di antaranya Jangan Suriahkan Indonesiaku, Aku Balane Banser Kowe Arep Nyapo, Bersihkan Tulungagung dari Bahaya Laten Khilafah dan HTI, dan lainnya. Aksi tersebut berjalan tertib dengan pengawalan dari aparat kepolisian dan TNI.

Koordinator Aksi, Syahrul Munir menyatakan, aksi damai itu bertujuan seruan moral untuk aparat pemerintah, polisi, TNI, atau pun aparat lainnya agar semangat menegakkan identitas NKRI benar-benar terjaga.

Menurut Munir, itu penting dilakukan karena di Tulungagung benar-benar terlihat fakta. Yakni adanya sel-sel tidur dari paham radikalisme yang kini bangkit kembali.

“Ini juga dipicu kegaduhan yang ada di Garut beberapa minggu lalu. Tapi reaksinya sampai ke daerah termasuk Kota Marmer,” ujarnya.

Dalam aksi itu, AMTP NKRI menyatakan siap menjaga kedaulatan NKRI dan menjaga nilai-nilai Islam yang rahamat lil alamin. Selain itu, AMTP NKRI juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ukhuwah islamiyah serta mengedepankan jiwa, rasa nasionalisme, dan patriotisme NKRI.

Usai long march, massa menggelar istighotsah di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa. Selanjutnya membubarkan diri dengan tertib. (wen/ed/and)  

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia