Selasa, 13 Nov 2018
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Tiga Siswa SMP Al Azhaar Juara Lomba Penulisan Buku

Senin, 05 Nov 2018 10:59 | editor : Anggi Septian Andika Putra

GEMILANG: (Dari kiri) Fathan, Nisrina, dan Abdul, menunjukkan medali dan sampul komik karya mereka.

GEMILANG: (Dari kiri) Fathan, Nisrina, dan Abdul, menunjukkan medali dan sampul komik karya mereka. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Prestasi gemilang diraih siswa SMP Al Azhaar Tulungagung. Kali ini dalam lomba penulisan buku bacaan siswa SD. Mereka adalah Nisrina Nur Elysia dan Abdul Hakim Mufid Ardian, meraih juara III. Sedangkan Dayyar Fathanbarqi, juara II. Lomba itu digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Oktober lalu.  

Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMP Al Azhaar, Rachmad Tri Widjaksono mengatakan, lomba penulisan bacaan dibagi menjadi tiga kategori. Yakni bacaan fiksi dan nonfiksi yang diikuti oleh guru, sedangkan komik diikuti kalangan umum.

Dalam lomba tersebut, peserta diminta membuat media belajar bagi siswa SD. “Persiapan kami untuk lomba ini sekitar dua bulan, mulai Agustus lalu. Pada 23 sampai 26 Oktober, grand final di Karanganyar, Jawa Tengah,” katanya.

Pria ramah itu melanjutkan, salah satu kesulitan yang dialami saat persiapan lomba adalah membagi waktu. Sebab, siswa tetap harus mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM).

Yang membanggakan, dari ratusan peserta lomba komik media pembelajaran, terpilih 24 peserta. Termasuk SMP AL Azhaar yang lolos grand final. Dari 24 peserta itu, empat di antaranya dari kalangan siswa. Sisanya kalangan profesional seperti komikus dan editor. “Alhamdulilah siswa kami lolos,” ujar terang Rachmad.

Karya pertama yang mendapat apresiasi yakni milik Dayyar Fathanbarqi. Mengusung tema motivasi, komik buatan Dayyar berhasil meraih juara II. Untuk komik karya Nisrina Nur Elysia bertema teknologi, meraih juara III.

Sedangkan komik karya Abdul Hakim Mufid Ardian berhasil meraih juara III, bertema pahlawan proklamasi. “Alhamdulilah bisa mendapat juara. Sebab, persiapannya juga lumayan panjang,” ujar Nisrina mewakili teman-temannya yang lain.

Proses penjurian sempat membuat grogi. Sebab, peserta diwawancara satu per satu di hadapan lima dewan juri. Awalnya, siswa dari SMP AL Azhaar yang ikut lomba tersebut mengira  presentasi.

Ternyata, penilaian dengan wawancara. Meski demikian, semua berjalan lancar. Dengan raihan itu, diharapkan menjadi motivasi bagi siswa lain untuk dapat meraih prestasi. Tak hanya itu, melalui kegiatan ekstrakurikuler komik di sekolah, diharapkan dapat melahirkan komikus-komikus baru berkualitas.

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia