Sabtu, 17 Nov 2018
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

SMP Negeri 3 Blitar Terapkan Lima Program PPK 'Ayo'

Senin, 05 Nov 2018 11:31 | editor : Anggi Septian Andika Putra

AYO NGAJI: Siswa membaca Kitab Suci Alquran untuk untuk yang beragam Islam, sementara siswa nasrani membaca Al Kitab (Injil).

AYO NGAJI: Siswa membaca Kitab Suci Alquran untuk untuk yang beragam Islam, sementara siswa nasrani membaca Al Kitab (Injil).

Penguatan pendidikan karakter (PPK) menjadi program unggulan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Blitar. Untuk menunjang PPK, dilakukan sejumlah kegiatan. Tujuannya, membentuk karakter siswa yang religius, sehat, dan cinta terhadap lingkungan.

Kepala SMPN 3 Blitar Achmad Nachroni mengatakan, program PPK yang kini sudah masuk ke sejumlah sekolah, dulunya sudah ada dan diterapkan di tingkat sekolah dasar (SD) hingga SMP. Program itu diwujudkan dalam sejumlah kegiatan dan praktik pembelajaran.

“Sebelum pemerintah menggaungkan PPK, kami sudah lebih awal mempraktikkan melalui kegiatan dan pembelajaran di sekolah,“ ujar pria yang akrab disapa Mamad ini.

Ada lima program kegiatan yang mendukung PPK di Spega, julukan SMPN 3 Blitar. Program ini dikemas dengan tema “Ayo”. Program pertama, Ayo Ngaji dan Mendalami Al Kitab. Kedua, Ayo Resik-resik.

"Ayo Ngaji dan mendalami Al Kitab ini mengajak siswa untuk mendalami agama. Biasanya dilakukan seminggu sekali. Sementara Ayo Resik-resik, bertujuan agar siswa lebih peduli dan menjaga lingkungan sekitar. Di sekolah maupun di tempat tinggalnya," jelasnya.

Kemudian yang ketiga, lanjut Mamad, Ayo Moco atau membaca. Program ayo membaca ini membiasakan anak untuk membaca. Dengan membaca, maka wawasan siswa lebih luas. “Anak-anak menjadi pintar dan semakin bisa memahami ilmu,” terang pria ramah ini.

Keempat, Ayo Boso. Mengajak siswa berbahasa dengan baik dan benar. Ada tiga bahasa yang digunakan setiap minggunya, yakni bahasa Indonesia, Jawa, dan Inggris. Selama di sekolah, siswa wajib berkomunikasi dengan menggunakan tiga bahasa tersebut.

Program terakhir, Ayo Olahraga. Siswa diajak untuk aktif berolahraga setiap minggu. Salah satu wujudnya dengan bersepeda ke sekolah. “Semua program yang kami terapkan ini juga bagian dari perwujudan visi dan misi Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar,” ungkap Mamad.

Dengan menerapkan program PPK di lingkup sekolah, diharapkan bisa mencetak generasi muda yang religius, bertakwa, dan sehat. Juga menjadi generasi muda yang tangguh dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Mokhamad Sidik mengaku sangat mengapresiasi program PPK yang diterapkan SMPN 3 Blitar. Jauh sebelum PPK yang kini digalakkan di sejumlah sekolah, SMPN 3 Blitar sudah lebih dulu menerapkan. “Lima program ‘Ayo’ SMPN 3 Blitar ini sangat bagus. Ini salah satu keunggulan dan ciri khas di SMPN 3 Blitar. Semoga ke depan program ini bisa semakin berkembang,” tandas pria berkacamata ini.

(rt/rid/kan/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia