Sabtu, 17 Nov 2018
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Hore.. TPP PNS Capai Rp 124 miliar

Selasa, 06 Nov 2018 13:00 | editor : Anggi Septian Andika Putra

Grafis TPP 2019

Grafis TPP 2019 (HENDRA NOVIAS/RATU)

TULUNGAGUNG – Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung boleh tersenyum lebar. Jika sebelumnya tunjangan prestasi pegawai (TPP) masih sebatas wacana, kini pemkab akhirnya memasukkan dalam pembahasan rancangan anggaran pendapatan daerah (RAPBD) 2019. Nominalnya diperkirakan mencapai Rp 124 miliar atau 5 persen dari APBD.

Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, sejak awal pihaknya berencana memberikan TPP kepada abdi negara di Kota Marmer. Namun, itu tidak bisa serta-merta langsung dimasukkan ke RAPBD 2019 karena harus dibahas terlebih dulu dengan legislatif.

“Salah satu hal yang dimasukkan dalam ranperda APBD 2019 memang seputar TPP,” katanya kepada beberapa awak media Senin (5/11).

Menurut dia, TPP kali ini memang ada sedikit perbedaan dibandingkan tunjangan kinerja (tukin). Yakni TPP berdasarkan pembebanan tugas sesuai kualifikasi ruang jabatan. Sedangkan tukin hanya berdasarkan golongan. Kendati demikian, semua harus melalui perhitungan yang matang.

“Semua golongan bisa mendapatkan TPP ini, baik dari golongan 1 hingga 4,” jelasnya.

Dia mengutarakan, nominal yang diajukan untuk TPP 2019 sebesar Rp 124 miliar. Jumlah ini merupakan 5 persen dari total RAPBD 2019 yang diserahkan ke legislatif untuk dibahas. Kendati demikian, pihaknya masih menunggu kucuran anggaran dari pusat.

“Total APBD kita tahun depan masih sesuai tahun lalu. Karena belum ada transfer ke daerah yang berasal dari pemerintah pusat atau provinsi,” tuturnya.

Dia berharap, pemberian TPP tahun depan bisa menggenjot kinerja PNS agar semakin maksimal. Jadi semua program yang disusun pun bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Yang pasti ini untuk menggenjot kinerja ASN di pemkab agar bisa bekerja semaksimal mungkin,” ujarnya.

Sementara itu, Triwidyono Agus Basuki, salah satu PNS mengaku bersyukur hal tersebut bisa segera direalisasikan tahun depan. Dengan demikian, kinerja setiap ASN benar-benar bisa diukur dan mendapatkan apresiasi atas prestasi yang diraih.

“Tentu saya bersyukur ini bisa segera direalisasikan tahun depan,” tuturnya. (rka/ed/din)

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia