Rabu, 19 Dec 2018
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Berikut Cara Menghindari Persebaran TBC agar Tidak Terjangkit

23 November 2018, 11: 00: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Berikut Cara Menghindari Persebaran TBC agar Tidak Terjangkit

(jawapos.com)

TULUNGAGUNG - Semakin banyaknya kasus tuberkulosis (TBC) tentu ada upaya dini untuk menghindari agar tidak terjangkit penyakit menular tersebut.

Menurut Kasi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Tulungagung Didik Eka, mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Pasalnya, kuman Mycobacterium tuberculosis ini senang di lingkungan yang lembap dan minim cahaya. Jika ada anggota yang sedang menderita TBC, harap selalu menjaga sirkulasi udara dan cukup sinar matahari.

Selain itu, lanjut dia, penderita TBC diharap selalu menggunakan masker agar tidak terjadi penularan. Pasalnya, penyakit ini ditularkan melalui udara.

“Kebersihan lingkungan, sirkulasi udara, dan pencahayaan yang cukup menjadi hal wajib jika terdapat anggota yang menderita TBC,” terangnya.

Dia menambahkan, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang juga perlu diperhatikan. Pasalnya, kuman Mycobacterium tuberculosis ini memiliki sifat tidur yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh ketika daya tahan tubuh sedang lemah. 

Seperti diberitakan sebelumnya TBC merupakan penyakit yang masih menjadi momok bagi masyarakat. Pasalnya, jumlah penderita TBC dari tahun ke tahun bertambah.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung, sepanjang tahun 2017 tercatat 1.043 kasus TBC. Sedangkan untuk tahun 2018 hingga akhir Oktober, tercatat sebesar 1.412 kasus TBC.

(rt/did/ang/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia