Rabu, 19 Dec 2018
radartulungagung
icon-featured
Travelling

Kuliner Jepang di Tulungagung Racikan Spesial, Rasanya Pas di Lidah

25 November 2018, 09: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

MANTAP: Ramen dan bento beef teriyaki yang lezat disantap.

MANTAP: Ramen dan bento beef teriyaki yang lezat disantap. (RIDHA ERVIANA/RADAR TULUNGAGUNG)

 TULUNGAGUNG- Untuk menikmati menu kuliner khas Jepang, tidak perlu sampai jauh-jauh ke Negeri Sakura. Sebab, sudah banyak ada outlet makanan ala streetfood yang menyajikan makanan khas Negeri Matahari Terbit itu. Seperti sushi, ramen, dan bento. Tentu saja karena disajikan untuk customer dengan lidah Jawa, racikan spesialnya sudah terasa pas di lidah.

Saat mendengar sushi, sebagian orang membayangkan menyantap nasi gulung dengan lembaran nori atau rumput laut dengan isian ikan mentah. Padahal, ada banyak jenis sushi. Termasuk di outlet streetfood ala Jepang yang berada di kawasan pujasera di Desa Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung.

Berbagai jenis sushi, baik yang menggunakan isian matang dan mentah tersedia. Juga ada bento dan ramen (mie khas Jepang).

Menurut Senja Nur Azizah, pramusaji di outlet tersebut, kuliner khas Jepang memang memiliki keunikan dan citarasa tersendiri. Ada banyak jenis sushi. Seperti salmon moza roll, dragon roll, sakura roll, dan banyak lagi jenisnya. “Ini menggunakan bahan-bahan yang matang seperti salmon, ayam, dan daging. Ditambah topping atau isian sayuran yang digulung bersama nasi dan nori,” kata Senja.

Sajian sushi dengan ikan mentah pun tersedia dengan sebutan nigiri. “Semua tergantung selera customer. Pada dasarnya, di negara asalnya, sajian sushi merupakan fillet dari ikan yang dicelup dengan saus saat akan disantap,” ujar perempuan berjilbab ini.

Sementara itu, adapula bento. Bento menekankan unsur seni di dalamnya. Pasalnya, tidak hanya menyajikan menu untuk sekadar disantap, tapi juga ditata sedemikian rupa agar menarik. Ada bento dengan menu ayam dan daging, yang dilengkapi dengan saus khas Jepang sesuai selera Anda. “Bento biasanya berisi nasi bertabur wijen, salad sayuran, snack seperti tofu, edamame, sosis, dan menu utama daging atau ayam,” ujar Senja.

Ya, saus khusus dengan citarasa Jepang yang mudah dikenali yaitu saus teriyaki dan yakiniku. Teriyaki, menyajikan irisan tipis sapi/ayam yang empuk dimasak dengan bawang bombay beserta bumbu teriyaki dengan citarasa manis lezat. Sedangkan yakiniku, menyuguhkan tipisnya daging sapi/ayam dimasak dengan saus yakiniku yang manis, guruih, dan rasa bumbu spesial. “Adapula blackpepper yang lebih spicy,” imbuh cewek murah senyum ini.

Tak kalah disukai, jenis mie Jepang yang biasa disebut ramen. Senja menyebutkan, para customer biasanya menyukai kara’age ramen. Yakni sajian mie bulat berkuah ala kari, dengan rasa yang spicy. Di dalamnya berisi aneka sayuran, kecambah, nori, dan irisan ayam katsu atau ayam tepung. “Ditambah dengan telur setengah matang atau sesuai selera customer. Yang cocok disantap saat dingin-dingin,” tandas Senja.

(rt/rid/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia