Rabu, 19 Dec 2018
radartulungagung
icon-featured
Politik

Giliran Tinta Sidik Jari Pemilu 2019 Tiba

26 November 2018, 22: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

BARU TIBA : Tampak tinta untuk Pemlu 2019 ditunjukkan staf KPU Blitar Kota.

BARU TIBA : Tampak tinta untuk Pemlu 2019 ditunjukkan staf KPU Blitar Kota. (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

 BLITAR KOTA - Setelah kotak suara transparan dan bilik suara tiba, Senin (26/11), giliran tinta sidik jari tiba. Sebanyak 960 botol tinta sidik jari untuk Pemilu 2019 itu tiba di KPU Kota Blitar. 

Tinta yang dikemas dalam empat kardus itu diterima KPU sekitar pukul 04.00. Tinta tersebut merupakan salah satu logistik bahan pemilu 2019 dari KPU Republik Indonesia (RI). "Saat ini, tinta sudah kami simpan di Kantor. Jumlahnya ada empat kardus," kata Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budiono, kepada Jawa Pos Radar Blitar di kantornya, Senin (26/11). 

Tinta itu, jelas dia, untuk kebutuhan Pemilu 2019. Yang dipergunakan sebagai penanda di jari tangan usai pemilih mencoblos. Nantinya, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) mendapat jatah tinta sidik jari berwarna ungu kehitam-hitaman itu. "Setiap TPS nanti dapat dua tinta. Sesuai data, jumlah TPS Kota Blitar ada 480. " terang pria berkacamata ini. 

Setelah dicek, jumlah tinta yang diperoleh sudah sesuai dengan kebutuhan setiap TPS. Setelah tinta, masih ada beberapa logistik lain dari KPU RI. Yakni Surat suara dan form pemilih yang Terdiri dari form A5 dan form CM. Logisitik tersebut merupakan fasiitas dari KPU RO. 

Bagaimana dengan logistik pemilu berupa Alat Tulis Kantor (ATK). Budi menerangkan, untuk ATK kewenanganya diserahkan langsung kepada daerah atau KPU daerah. "Jadi, KPU Kota Blitar sendiri nanti yang menyediakan dan mengadakan," ujarnya.

Artinya, pengadaan ATK itu dianggarkan sendiri oleh KPU Kota Blitar. ATK itu di antaranya meliputi pulpen, buku tulis, penghapus, dan lain sebagainya. KPU Kota Blitar menganggarkan sekitar Rp200 juta. "Anggarannya tidak begitu banyak. Sebab, Kota Blitar lingkupnya kecil," tandas pria ramah ini.

(rt/kan/abd/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia