Rabu, 19 Dec 2018
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Begini Nasib Sopir Truk Muatan Kayu Sengon Nyaris Masuk Jurang

06 Desember 2018, 19: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

BERUNTUNG : Truk bermuatan kayu gelondongan yang terguling.

BERUNTUNG : Truk bermuatan kayu gelondongan yang terguling. (POLISI FOR RATU)

BLITAR KABUPATEN - Truk tronton muatan kayu sengon terguling di tikungan jalan umum masuk Desa/Kecamatan Selorejo, Kamis (6/12). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan tunggal tersebut. 

Sang sopir truk tonton nomor polisi H 1871 AY Suhardi selamat. Akibat kecelakaan itu, sejumlah kayu gelondong sengon tumpah ke jalan hingga masuk ke jurang. Penyebab kecelakaan sementara diduga karena truk kelebihan muatan. Sehingga ketika menanjak truk tidak kuat. 

Informasi yang diterima Jawa Pos Radar Blitar, kecelakaan diketahui terjadi pada Kamis dini hari (6/12) atau sekitar pukul 02.00. Saat itu truk berplat kuning itu terguling di Jalan umum tikungan dan tanjakan masuk Desa/Kecamatan Selorejo. Melaju dari timur (arah Malang) ke barat (Blitar). "Kecelakaan itu mengakibatkan kayu glondong yang dimuat langsung tumpah ke jalan hingga masuk jurang," kata Kasubbah Humas Polres Blitar Iptu M. Burhanudin, Kamis (6/12). 

Burhan mengatakan, truk terguling diduga karena kelebihan muatan. Ditambah medan jalan yang yang menikung dan menanjak. Apalagi, kondisi truk yang muatannya berupa kayu sengon. "Kondisi tersebut membuat kerja mesin semakin berat hingga akhirnya truk tidak kuat melaju," ujar perwira berpangkat dua balok di pundak itu. 

Nah, ketika jalan menikung dan sedikit menanjak, sopor berusa melambatkan lajunya agar bisa terus melaju. Namun, diluar prediksi, tiba-tiba truk tidak kuat menanjak dan melaju mundur. Sopir tidak bisa mengendalikan laju hingga akhirnya terguling. 

Truk nyaris nyemplung jurang. Truk yang terguling membuat sejumlah batang pohon sengon tumpah ke jalan. Dan sebagian lain tumpah ke jurang. Akibatnya, kayu tumpah itu menutup sebagian jalan dan membuat Arus lalu lintas dari Blitar ke Malang maupun sebaliknya tersendat. 

Lalu, hingga pukul 11.30 truk belum bisa dievakuasi. Petugas laka langsung menghubungi sdh menghubungi pemilik kendaraan untuk segera dievakuasi. "Sementara itu, Situasi arus lalu lintas ke Malang maupun ke Blitar ( jalur atas ) saat proses evakuasi lancar. Petugas menggunakan sistem buka tutup," tandas Burhan.

(rt/abd/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia