Kamis, 21 Mar 2019
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Pendataan Siswa Peserta UNBK, Baru Rampung 60 Persen

11 Desember 2018, 08: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

SERIUS: Sejumlah siswa ketika mengikuti penilaian akhir semester (PAS) di SMPN 2 Tulungagung.

SERIUS: Sejumlah siswa ketika mengikuti penilaian akhir semester (PAS) di SMPN 2 Tulungagung. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RADAR TULUNGAGUNG)

TULUNGAGUNG – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat rencananya digelar April nanti. Tepatnya tanggal 22 hingga 25 April 2019 mendatang. Diperkirakan 13.191 siswa akan ikut.

Sejumlah persiapan untuk menyambut UNBK pun mulai dilakukan. Termasuk pendataan daftar peserta ujian nasional (unas). “Pendataan peserta unas baru rampung sekitar 60 persen. Ini karena masih ditemukan sejumlah kendala. Seperti data nomor induk siswa yang tidak cocok. Jadi data tidak dapat di-input,” terang Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung Purwono Senin (10/12).

Lanjut dia, pendataan peserta menjadi hal penting. Pasalnya, berkaitan dengan data diri siswa yang akan berpengaruh pada ijazah. Untuk itu, diharapkan sejumlah sekolah yang belum melakukan pendataan, harap segera menyelesaikan.

Direncanakan sebelum semester ganjil berakhir, pendataan peserta unas sudah masuk semua.

Demi mempersiapkan siswa menghadapi UNBK, sejumlah agenda seperti simulasi dan tryout pun akan digelar. Dia menjelaskan, simulasi untuk mengenalkan siswa dengan alat yang akan digunakan untuk UNBK. Selain itu, simulasi ini menguji kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) yang akan digunakan. “Setidaknya akan dilakukan dua kali simulasi,” katanya.

Dia melanjutkan, simulasi tahap I rencananya akan digelar 11 hingga 14 Desember. Sedangkan simulasi tahap II digelar 14 hingga 15 Februari 2019.

Tak hanya simulasi, dinas akan menggelar tryout demi mengukur kemampuan dan kesiapan siswa. “Untuk tryout, rencananya akan ada tiga kali. Namun kami masih terus koordinasi dengan sekolah ini,” jelasnya.

(rt/jpr/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia