Rabu, 16 Jan 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Timpora Catat Mahasiswa Asing di Tulungagung Capai 150 Orang

14 Desember 2018, 15: 06: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

Timpora Catat Mahasiswa Asing di Tulungagung Capai 150 Orang

 TULUNGAGUNG – Beberapa penghuni rumah kos di sekitar kampus IAIN Tulungagung  kaget. Saat pintu kamar mereka yang diketuk dari luar dibuka, ternyata ada petugas imigrasi berdiri. Mereka lalu diminta memperlihatkan dokumen perjalanan. Setelah dicek, para petugas pun beralih ke kos lain untuk melakukan hal yang sama.

Kasi Intelijen dan Penindakan kantor Imigrasi Kelas II A Blitar Deny Irawan mengatakan, pihaknya sengaja melakukan kegiatan tersebut untuk memantau kelengkapan administrasi para warga negara asing (WNA) yang berada di Tulungagung. “Kami melakukan ini bersama lintas instansi yang tergabung dalam tim pengendalian orang asing (timpora),” katanya Kamis (13/12). 

Menurut dia, dari operasi tersebut pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran. Seluruh mahasiswa yang kebanyakan dari Thailand, Brunei Darussalam, maupun Malaysia memiliki dokumen perjalanan antarnegara. Kendati demikian, ada santri dari Ponpes Lirboyo, Kediri yang ternyata juga menuntut ilmu di situ. “Untuk santri dari Lirboyo masih kami koordinasikan dengan ponpesnya,” tambahnya.

Deny -sapaan akrabnya- mengakui, WNA yang berada di Tulungagung paling banyak berstatus mahasiswa. Jumlah totalnya mencapai sekitar 150 orang. Namun untuk yang berstatus pekerja cenderung berpindah-pindah. Bahkan biasanya paspor dan visa perjalanan disimpan sponsor, dengan alasan mengantisipasi hilang. “Kami tidak mempermasalahkan hal itu. Asalkan saat kami tanyai, bisa menunjukkan,” tuturnya.

Dia berharap, pembentukan timpora beberapa waktu lalu bisa dipahami masyarakat secara lebih luas. Jadi setiap WNA bisa terus diawasi agar tidak ada kesalahan administrasi

(rt/rak/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia