Rabu, 16 Jan 2019
radartulungagung
icon featured
Travelling

Wisata Alam Ranu Gumbolo, Suguhi Pemandangan Hutan dan Pegunungan

22 Desember 2018, 08: 10: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

SEJUK :  Ranu Gumbolo wisata alam yang layak diacungi jempol.

SEJUK : Ranu Gumbolo wisata alam yang layak diacungi jempol. (wHENDY GIGIH P/RADAR TULUNGAGUNG)

TULUNGAGUNG- Tidak jauh dari Waduk Wonorejo, terdapat wisata alam yang layak diacungi jempol. Yakni Ranu Gumbolo. Tepatnya berada di Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo. Ranu Gumbolo berasal dari bahasa Jawa. Ranu berarti danau. Gumbolo berarti pegunungan. Jadi Ranu Gumbolo berarti danau yang terletak di pegunungan.

Akses menuju ke lokasi wisata ini cukup mudah. Sebab, satu arah dengan wisata Waduk Wonorejo. Kondisi jalan tidak terlalu menanjak. Sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan alam berupa hutan dan pegunungan. Wisata ini juga tidak menguras kantong, tiket masuk hanya sekitar Rp 5 ribu per orang.

Sama seperti tempat wisata lain, Ranu Gumbolo juga menyediakan fasilitas untuk pengunjung. Salah satunya gazebo. Penempatan gazebo sengaja dipilih pengelola lebih dominan dekat dengan kawasan danau. Tujuannya tak lain agar pengunjung mendapatkan view yang indah. Semua gazebo dibuat dari bahan alami seperti bambu atau pun kayu.  

HUBURAN : Dilengkapi dengan berbagai mainan.

HUBURAN : Dilengkapi dengan berbagai mainan. (WHENDY GIGIH PERKASA/RADAR TULUNGAGUNG)

Wahana bermain di Ranu Gumbolo yang cukup menantang, yakni flying fox. Sebab, pengunjung bisa merasakan sensasi terbang melintasi area hutan pinus sambil melihat pemandangan indah. Pengunjung tak perlu ragu atau pun takut mencoba wahana ini. Sebab, keselamatan tetap diutamakan. Setiap pengunjung wajib memakai perlengkapan keselamatan yang sudah disediakan. Pendampingan dari para instruktur andal juga selalu ada.

Pemandangan indah menjadi daya tarik yang tak boleh dilewatkan. Pengunjung bisa melihat keindahan alam di Rnu Gumbolo. Salah satunya view danau yang juga terhubung dengan Waduk Wonorejo. Saat cuaca cerah, semakin memikat mata.

Ranu Gumbolo sudah mulai dikenal sejak 2016. Itu tertulis di papan nama yang ada di lokasi. Papan nama itu juga kerap menjadi salah satu spot foto bagi para pengunjung. Apalagi kawasan wisata ini merupakan hutan pinus. Selain pemandangan, udara di sana sejuk.

Agar memudahkan pengunjung, pihak pengelola sudah membuat jalur. Yakni dengan dicor semen. Ikuti jalur itu untuk mengelilingi kawasan Ranu Gumbolo. Tapi jangan lupa membuang sampah di tempatnya.

(rt/whe/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia