Jumat, 18 Jan 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Pentingnya Kenalkan Pendidikan Lingkungan ke Siswa

28 Desember 2018, 10: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

LEBIH INDAH: Sungai Ngrowo bisa menjadi lokasi untuk mengajarkan siswa terkait pendidikan lingkungan.

LEBIH INDAH: Sungai Ngrowo bisa menjadi lokasi untuk mengajarkan siswa terkait pendidikan lingkungan. (WHENDY GIGIH PERKASA/ RADAR TULUNGAGUNG)

 TULUNGAGUNG- Pendidikan lingkungan hidup berperan penting dalam pelestarian dan perbaikan lingkungan di dunia. Utamanya dalam mewujudkan hidup berkelanjutan. Tujuan dasar dari pendidikan lingkungan adalah  membuat individu dan masyarakat memahami sifat kompleks alam dan lingkungan.

Menurut Direktur PPLH Mangkubumi, Muhammad Ichwan, pentingnya pendidikan lingkungan hidup yakni untuk hidup yang berkelanjutan, sehingga pendidikan lingkungan hidup harus di terapkan di masyarakat sejak usia dini. Setiap sekolah harus bisa mengajak dan memperkenalkan serta memahami kondisi alam dan masalahnya saat ini. Tujuannya, meningkatkan kesadaran para siswa untuk lebih peka terhadap kondisi alam.

Dalam mengajak anak  sadar lingkungan, bisa menerapkan contoh kecil. Misal membuang sampah pada tempatnya, memperkenalkan masalah lingkungan yang sedang terjadi saat ini dan pencegahannya demi masa depan. Contoh lain yakni mengajak anak-anak untuk praktik langsung, seperti menanam sayur-sayuran. “Jadi ada praktik langsung agar siswa lebih mengerti tentang alam, utamanya bagaimana menjaganya,” ujar Ichwan.

Modal utama, lanjut pria ramah itu, dalam mendidik masalah lingkungan hidup yakni jangan pernah bosan dan menyerah. Tantangan saat ini dalam mengedukasi masyarakat dan anak-anak untuk lebih peka terhadap masalah lingkungan hidup di antaranya, minim edukasi lingkungan dari orang tua, masyarakat masih belum sadar terhadap masalah lingkungan sehingga edukasi lingkungan harus lebih intensif dilakukan melalui pendidikan agama, sekolah dan lain sebagainya.

Ketika anak dan masyarakat mengerti tentang lingkungan, dipastikan mereka ikut menjaga kelestariannya. Jika itu terwujud, tidak menutup kemungkinan kerusakan alam atau lingkungan bisa terhindarkan. Dalam mengedukasi  suatu masyarakat khususnya anak-anak usia dini, harus ada dukungan dari orang tua anak itu sendiri. “Kenalkan, pahami, pelihara. Ketika kita menjaga alam, alam pun akan menjaga kita,” jelas Ichwan.

(rt/whe/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia