Senin, 25 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
Travelling

Roti Bakar Kasur, Jajanan Sederhana, Rasa Menggoyang Lidah

06 Januari 2019, 07: 05: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

LEZAT : Roti bakar tampak lembut dan mantap disantap.

LEZAT : Roti bakar tampak lembut dan mantap disantap. (RADAR TULUNGAGUNG)

 TULUNGAGUNG - Beragam jajanan sederhana dengan tampilan dan rasa menggoyang lidah. Salah satunya roti bakar. Kini, roti bakar tidak hanya dibuat dari roti tawar berbentuk kotak gepeng. Melainkan lebih beragam bentuk dan rasanya.

Roti bakar yang kini tergolong baru yakni roti bakar kasur. Namanya cukup unik bagi sebagian orang. Ini karena roti yang digunakan benar-benar khas. Yakni roti tawar manis tetapi tebal. Ini biasa disebut roti kasur karena tebalnya roti. Teksturnya empuk sehingga mudah digigit.

Roti bakar kasur di Tulungagung ternyata mendapat respons positif. Buktinya, beberapa pedagang dengan gerobak kali lima yang ada di beberapa lokasi selalu ramai dikunjungi pembeli. Seperti di depan SMPN 1 Tulungagung. Namanya Roti Bakar Mario. Banyak pilihan rasa. Di antaranya cokelat, keju, pisang, kacang, dan beragam selai. Bisa juga dikombinasi.

Membakar roti ini juga tidak langsung dengan api. Namun menggunakan loyang khusus. Selain itu juga memakai mentega sehingga rasa lebih gurih. Saat digigit, tekstur roti empuk. Ditambah aneka rasa di dalam roti yang meleleh karena dibakar. Benar-benar menggoyang lidah.

Selain itu, menikmati roti bakar ini tidak perlu jauh-jauh ke Bandung, Jawa Barat. Di Kota Marmer sudah banyak yang menjual. Salah satu persamaan dari roti bakar ini yakni roti yang dipakai. Bentuknya panjang dengan dua sisi yang bergelombang. Tekstur roti cenderung lebih padat dibanding dengan roti kasur atau pun roti tawar biasa. Meski begitu, tetap empuk saat digigit.

Sama seperti roti bakar lain, tersedia beragam pilihan rasa. Cokelat, keju, kacang, beragam selai, dan ditambah dengan susu kental manis. Rasa gurih roti semakin terasa karena dibakar menggunakan mentega dan memakai loyang. Cara ini akan membuat warna roti lebih bagus, yakni kuning kecoklatan. Jika memakai bara api secara langsung, dimungkinkan ada warna gosong.

Dalam penyajiannya, satu porsi Roti Bakar Bandung dipotong menjadi 10 bagian. Tujuannya agar mudah saat memakannya. Saat digigit, terasa empuk dan gurih. Isian roti yang dipilih pembeli juga meleleh di mulut.

(rt/whe/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia