Jumat, 18 Jan 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Latih 1.000 Orang untuk Antisipasi Bencana Tsunami

09 Januari 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

BERPOTENSI : Salah satu daerah di pesisir pantai wilayah Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, yang berpotensi tsunami.

BERPOTENSI : Salah satu daerah di pesisir pantai wilayah Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, yang berpotensi tsunami. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK- Selain membentuk kader tanggap tsunami (Katsumi) di tiga 13 desa yang tersebar mulai dari Kecamatan Watulimo, Munjungan, dan Panggul, rawan tergulung ombak tsunami. Pemkab Trenggalek mengantisipasi jika terjadi bencana tsunami dengan latihan dan simulasi.

Dengan  begitu masyarakat di wilayah desa bersangkutan mengetahui cara-cara jika bencana tersebut datang. Seperti mitigasi, proses evakuasi, jalur-jalur untuk evakuasi, dan sebagainya, yang diikuti lebih dari 1.000 orang. Kini pemerintah juga telah melakukan sekolah laut untuk memberi wawasan terkait tsunami. “Di tempat itu telah dipasang rambu-rambu jalur evakuasi sebagai petunjuk jika bencana datang. Tidak ketinggalan, kami juga telah melakukan pencegahan secara dini dengan penanaman pohon mangrove untuk memecah gelombang yang datang,” tandas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas, Komunikasi, dan Informatika (Diskominfo) Trenggalek St. Triadi Admono.

(rt/zak/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia