Sabtu, 23 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Faktor Penyebab Anak Rentan Terserang Diabetes

10 Januari 2019, 02: 01: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

JAGA KESEHATAN: Sejumlah warga sedang antre di poli anak di RSUD dr Iskak.

JAGA KESEHATAN: Sejumlah warga sedang antre di poli anak di RSUD dr Iskak. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RADAR TULUNGAGUNG)

 TULUNGAGUNG- Penyakit diabetes melitus (DM) masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Sebagian menganggap penyakit itu diderita orang dewasa. Padahal, anak-anak juga rawan terserang.

Pola hidup yang buruk menjadi salah satu faktor penyebab anak-anak rawan terserang diabetes dibandingkan orang dewasa. Pola makan yang tidak sehat, ditambah minim melakukan aktivitas fisik menjadi faktor utama anak-anak rawan terserang diabetes.

Dr Hengki Wijaya SpPd menyatakan, individu yang memiliki kebiasaan hidup yang buruk sama risikonya dengan individu yang memiliki garis keturunan terserang diabetes. “Anak-anak kan lebih doyan makan makanan cepat saji daripada konsumsi sayur. Buah pun juga jarang dikonsumsi,” tuturnya.

Secara umum, diabetes terbagi menjadi dua, yakni tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 memiliki kecenderungan menyerang usia muda di bawah 20 tahun. Diabetes jenis ini diakibatkan akibat oleh kerusakan pankreas sehingga mengakibatkan produksi insulin berkurang.

Sementara diabetes tipe 2, memiliki kecenderungan menyerang orang dewasa yakni 35 tahun keatas. Diabetes tipe 2 diakibatkan resistensi insulin. Artinya, insulin tidak mampu bekerja dengan baik dalam mengontrol kadar gula darah. Di Kabupaten Tulungagung, penderita diabetes didominasi diabetes tipe 2.

(rt/nda/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia