Sabtu, 23 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Terminal MPU Kembali Dikelola Pemkot Blitar

11 Januari 2019, 18: 25: 59 WIB | editor : Retta wulansari

RAPI: Kondisi terminal MPU atau terminal Tipe C yang kembali dikelola Pemkot Blitar tahun ini.

RAPI: Kondisi terminal MPU atau terminal Tipe C yang kembali dikelola Pemkot Blitar tahun ini. (M. SUBCKAN/ RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA - Aset Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar bertambah tahun ini. Itu setelah Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengabulkan usulan Pemkot untuk mengelola kembali Terminal Tipe C atau terminal MPU tersebut. 

 Sebelumnya, terminal yang berada di utara Terminal Patria Tipe A itu dikelola oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. "Ya, 2019 ini sesuai surat yang kami layangkan ke Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, pengelolaan terminal Tipe C atau terminal MPU menjadi kewenangan pemkot Blitar," jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar Priyo Suhartono, Jumat (11/1).

 Dengan kembalinya pengelolaan terminal khusus MPU itu, maka pemkot berencana memperbaiki sarana dan prasarana terminal tersebut. Menurut dia, terminal itu terkesan kurang terurus. "Kita akan perbaiki dan kami akan fungsikan sebagaimana mestinya," terang Priyo. 

 Usai dikelolanya kembali terminal tipe C itu, lanjut dia, dishub nantinya juga mengatur dan mendata kembali fasilitas MPU yang beroperasi di Kota Blitar. Dishub akan melakukan kajian kembali terkait manajemen dan pengoperasian MPU. 

 Kembalinya pengelolaan terminal MPU ke Pemkot Blitar itu tidak langsung begitu saja. Pemkot telah melayangkan surat permohonan agar terminal Tipe C dikelola oleh pemkot ketika pada awal 2017 terminal Patria tipe A diambil alih Kementerian Perhubungan. 

 Saat itu, status lahan terminal MPU menjadi satu dengan terminal Patria. Makanya, terminal MPU ikut diambil alih oleh kementerian. "Namun, saat itu kami terus melakukan negosiasi dan koordinasi dengan kementerian agar terminal C dikelola oleh Pemkot. Sebab, tidak mungkin kami mendirikan terminal tipe C lagi mengingat wilayah Kota Blitar kecil," terangnya. 

 Dengan difungsikannya kembali terminal tipe C, harap dia, itu bisa menjadi pelengkap fasilitas untuk terminal bus (terminal Patria Tipe A). Sehingga, dua terminal itu bisa saling menopang kebutuhan satu sama lain. 

(rt/kan/abd/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia