Jumat, 18 Jan 2019
radartulungagung
icon-featured
Politik

Bergerak Cepat, Libatkan Tiga Tim, Copot APK Parpol dan Caleg Bandel

12 Januari 2019, 20: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

BANDEL : APK dipasang di jembatan meski terlarang.

BANDEL : APK dipasang di jembatan meski terlarang. (M.SUBCHAN / RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA - Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar ketentuan ditertibkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar, Sabtu (12/1). Bersama petugas Satpol PP, sejumlah APK yang dipasang tidak sesuai aturan langsung dicopoti.

Hasil sementara penertiban, petugas Bawaslu banyak menemukan APK yang dipasang di fasilitas umum seperti tiang listrik, lampu PJU dan juga di jembatan. Baik itu bentuk stiker, bendera partai politik (parpol) maupun poster caleg (calon legislatif).

Selain itu, banyak juga ditemukan APK yang dipasang di pohon dengan cara dipaku. Hal itu jelas melanggar. Jikapun dipasang dengan ditali, itu tidak masalah. "Tapi kalau dipaku itu melanggar. Nanti kami rekap berapa jumlah APK yang melanggar," kata Komisioner Bawaslu Kota Blitar Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Abdul Aziz Alkaharudin, di sela-sela penertiban, Sabtu (12/1).

Dimulai sekitar pukul 10.00, bawaslu mengerahkan tiga tim sekaligus. Mereka bergerak ditempat yang berbeda. Yakni di wilayah Kecamatan Sanawetan, Kecamatan Sukorejo, dan Kecamatan Kepanjenkidul. "Ya, ada tiga tim. Mereka dibagi di tiga wilayah kecematan," ujarnya. 

Azis menjelaskan, penertiban APK yang dilakukan itu merupakan kegiatan rutin selama masa kampanye berlangsung. Pada Januari ini bawaslu Kota Blitar akan menertibkan sebanyak dua kali. "Bulan ini (Januari) kami ada dua kali penertiban. Hari ini (12/1) dan 24 Januari," jelas pria ramah ini. 

Sasaran APK yang ditertibkan, kata dia, yakni APK yang dipasang diluar peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Di antaranya, APK yang dipasang di fasilitas umum. "Seperti di tiang listrik, jembatan, lampu PJU dan lain sebagainya. Kemudian yang dipasang di pohon dengan cara dipaku," jelasnya. 

(rt/kan/abd/did/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia