Selasa, 19 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
RaTu Event

Peserta Bisa Kerjakan di HP Berbasis Android

• Hari Kedua Tryout UNBK SMA Lancar

16 Januari 2019, 15: 55: 59 WIB | editor : Retta wulansari

TIDAK ADA KENDALA: Peserta tryout UNBK SMAN 1 Kedungwaru mengerjakan mapel matematika pada hari kedua tryout Selasa (15/1).

TIDAK ADA KENDALA: Peserta tryout UNBK SMAN 1 Kedungwaru mengerjakan mapel matematika pada hari kedua tryout Selasa (15/1). (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RATU)

TULUNGAGUNG - Tryout kejujuran ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA yang digelar Jawa Pos Radar Tulungagung bekerja sama dengan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Tulungagung dan MKKS SMA se-Tulungagung hari kedua, berlangsung lancar Selasa (15/1).

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Tulungagung di lapangan, seluruh peserta tryout yang diikuti 12 lembaga terdiri atas 11 SMAN dan 1 MA Diponegoro, Bandung, tidak ada kendala berarti. Bahkan, di SMAN 1 Boyolangu yang sebagian peserta tryout mengerjakan naskah soal di gadget berbasis Android pun tetap lancar. Baik sinkronisasi data siswa maupun bank soal. Sebab, aplikasi yang dimiliki Jawa Pos Radar Tulungagung sangat ringan tidak menggunakan bandwidth besar.

Menurut Fetri, progtor (programmer dan operator) SMAN 1 Boyolangu, tryout hari kedua dengan mata pelajaran (mapel) matematika berjalan lancar. Di sekolah ini sebagian peserta tryout memakai HP Android untuk mengerjakan. “Allamdullilah lancar semua. Baik itu yang memakai HP maupun PC,” katanya saat ditemui kemarin.

Dia melanjutkan, tryout UNBK di SMAN I Boyolangu digelar tiga sesi. Sebab, peserta di sini cukup banyak.

Hal senada juga diungkapkan Andri Susilo, progtor SMAN 1 Kedungwaru (Smariduta). Dia mengatakan, tryout UNBK di Smariduta hari kedua berjalan lancar. Di sini peserta mengerjakan tryout di laboratorium dengan memakai komputer. “Tidak ada kendala. Semua berjalan lancar,” katanya.

TIDAK ADA KENDALA: Peserta tryout UNBK SMAN 1 Boyolangu kerjakan soal via HP Selasa (15/1)

TIDAK ADA KENDALA: Peserta tryout UNBK SMAN 1 Boyolangu kerjakan soal via HP Selasa (15/1) (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RATU)

Sementara itu, Anggi Septian Andika Putra, koordinator IT Jawa Pos Radar Tulungagung menambahkan, tryout UNBK yang digelar Jawa Pos Radar Tulungagung memiliki keunggulan. Yakni siswa bisa mengerjakan via HP. Meski begitu, siswa tidak bisa membuka atau mengakses aplikasi lain saat mereka mengerjakan tryout tersebut. Ketika peserta membuka aplikasi lain, otomatis terblokir. “Untuk membuka blokir itu, siswa harus mengajukan lagi ke pengawas ruangan. Jadi, di sini siswa tak bisa curang,” katanya. 

(rt/pur/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia