Selasa, 19 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
Politik

Verifikasi Pemilih Lapas, KPU Turun Perekaman Dengan Dispendukcapil

17 Januari 2019, 20: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

JEMPUT BOLA : Warga binaan Lapas Kelas II B Blitar ssat melakukan perekaman e-KTP.

JEMPUT BOLA : Warga binaan Lapas Kelas II B Blitar ssat melakukan perekaman e-KTP. (M. SUBCHAN/RADAR BLITAR)

 BLITAR KOTA - Sejumlah penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Blitar melakukan perekaman KTP elektronik, Kamis (17/1). Perekaman dilakukan untuk keperluan verifikasi daftar pemilih khusus warga lapas untuk Pemilu 2019.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar langsung turun ke lapas mendata penghuni yang belum melakukan perekaman. KPU langsung menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar maupun Kabupaten Blitar untuk merekam warga lapas. "Ya, tidak semua penghuni lapas perekaman. Hanya sekitar 140 orang saja," kata Kasubsi Registrasi dan Bimbingan Pemasyarakatan Lapas Klas II Blitar Roy Mahardika, Rabu (17/1). 

Data Lapas Klas II B Blitar menyebutkan, hingga saat ini tercatat ada 463 warga binaan lapas yang memiliki hak pilih. Periciannya, 248 warga lapas dari Kabupaten Blitar dan 73 warga Kota Blitar. "Sedangkan sisanya ini merupakan warga luar daerah yang dikirim di sini. Jumlahnya ada 141 warga luar daerah," kata Roy. 

Dia mengatakan, penghuni lapas yang perekaman KTP elektronik itu hanyalah penghuni yang tercatat sebagai warga Kota dan Kabupaten Blitar. Sedangkan untuk warga lapas lapas luar daerah masih menunggu informasi lebih lanjut. "Kami masih menunggu info lebih lanjut dari KPU," terang pria ramah ini.

(rt/abd/kan/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia