Selasa, 19 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Simulasi UNBK II Masih Terkendala Client

25 Januari 2019, 14: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

SERIUS: Beberapa siswa ketika mengikuti tryout mandiri di SMPN 2 Tulungagung Kamis (24/1).

SERIUS: Beberapa siswa ketika mengikuti tryout mandiri di SMPN 2 Tulungagung Kamis (24/1). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Jelang pelaksanaan simulasi II ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP, sejumlah persiapan pun sedang dilakukan. Termasuk pemasangan jaringan komputer sebagai pusat data (server) hingga kumputer untuk mengakses data (client) yang akan digunakan untuk simulasi. Kasi Kurikulum SMP Dispendikpora Tulungagung, Purwono tak menampik keterbatasan sarana prasarana (sarpras) masih menjadi kendala utama. “Hasil evaluasi di simulasi pertama, banyak yang belum lakukan simulasi karena terkendala sarpras. Simulasi ini diharapkan ikut semua,” jelasnya Kamis (24/1).

Dia memastikan, sekitar 126 lembaga akan ikut UNBK pada pertengahan April mendatang. Dari 126 lembaga, baru 16 lembaga yang sudah lakukan simulasi I pada Desember lalu. Diharapkan pada simulasi II ini setiap lembaga dapat melaksanakan. Selain untuk menguji kesiapan alat, juga untuk mengukur sejauh mana kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK.

Dia mengapresiasi sejumlah sekolah yang bergotong royong untuk dapat melakukan simulasi secara mandiri. “Rata-rata terbatas pada jumlah client. Maka mengambil langkah dengan meminjam laptop siswa atau guru,” ujarnya.

Rencananya, simulasi II terbagi dalam dua periode. Periode pertama dilaksanakan pada 28 hingga 31 Januari mendatang. Sementara periode kedua dilaksanakan pada 4, 6, 7, dan 8 Februari mendatang.

Tak kalah penting, setiap sekolah diimbau untuk lakukan sinkronisasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pasalnya jika tidak melakukan sinkronisasi, maka tidak dapat mengikuti simulasi.

(rt/nda/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia