Jumat, 26 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Kerajinan Rajut, Apik untuk Interior Rumah

30 Januari 2019, 19: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

RAPI: Taplak meja rajut memberi kesan elegan.

RAPI: Taplak meja rajut memberi kesan elegan. (SUMBER: PERAJIN RAJUT DAN HOBI PENDEKOR RUMAH)

Ada berbagai alternatif barang yang bisa dijadikan dekorasi interior rumah. Salah satunya, yang unik adalah kerajinan tangan rajutan. Kerajinan rajutan ini sekarang bertransformasi menjadi benda-benda unik untuk sekadar mendekorasi maupun yang memiliki nilai fungsi tertentu.

Bentuknya yang artsy dan unik menjadikan kerajinan ini populer untuk dijadikan opsi mengisi bagian pada ruangan. Seorang perajin rajut, Denik Restya mengatakan, seiring dengan perkembangan zaman, sekarang mendekorasi rumah menjadi hobi baru bagi kalangan ibu rumah tangga atau remaja putri. Ada beberapa tren mendekorasi rumah. Mulai dari gaya vintage, shabby chic, rustic, hingga scandinavian. Untuk memenuhi kebutuhan dalam mendekorasi rumah, tentu diperlukan properti atau perintilan yang menarik. Rajut bisa menjadi salah satu cara untuk membuat hiasan atau properti untuk mendekorasi rumah. “Jadi, rajut sekarang tidak sekadar diaplikasikan ke dunia fashion. Tapi ternyata juga bisa mempercantik ruangan rumah kita,” katanya.

Wanita asal Desa/Kecamatan Bandung ini mengatakan, kelebihannya, hasil karya rajut dapat dibuat dengan handmade. Jadi, tidak memerlukan pengeluaran biaya banyak. Ragam pilihan karyanya pun beragam. Bisa mulai dari sarung bantal atau sarung chusion, taplak, sarung kulkas, sarung galon, tatakan piring, dan lain-lainnya. “Bagi yang telaten buat sendiri bisa meminimalkan pengeluaran. Bahkan, kini sudah banyak panduan buku rajut untuk dekorasi interior rumah. Seperti saya, juga pernah menerbitkan beberapa buku untuk interior rumah. Salah satunya berjudul Bantal Rajut Tabrak Warna,” jelasnya.

Agar karya rajut yang dibuat bisa masuk sesuai tema dekorasi rumahnya, kata Denik yang kini berdomisili di Malang ini bisa melalui pemilihan warna. Misal, dekorasi rumah dengan tema shabby chic bisa menggunakan benang rajut warna pastel atau untuk tema vintage bisa memilih warna nuansa krem, putih gading, atau cokelat. Bahkan, paduan antara warna bentuk yang unik dengan warna mencolok akan memberikan kesan lebih cheerful pada ruangan. Khususnya ruangan dengan desain minimalis. Bahkan, keberadaan satu benda yang mencolok itu bisa jadi focal point. “Rajut ini bisa diterapkan pada rumah berkonsep apa pun. Selain bisa mempercantik ruangan, rajutan juga bisa difungsikan sesuai kebutuhan. Misal tempat penyimpanan, taplak, atau lainnya,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Maya, perajin lain. Dia mengatakan, pemilihan rajut pada dekorasi interior rumah dapat memberikan kesan rumah lebih menarik, stylish, dan unik. Mengingat ada beberapa pola rajut yang memberikan tampilan yang eye catching dan artsy. Bahkan, beragam warna yang menarik bisa membuat pemilik rumah dengan mudah memadupadankan rajut tersebut. Pemilihan yang tepat akan memberikan suasana yang nyaman sehingga penghuni rumah lebih betah. “Memang harus pintar memadupadankan dengan konsep rumah. Agar tidak tumpang tindih,” tegasnya.

(rt/lai/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia