Selasa, 19 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Barongsai Sambut Pergantian Tahun Imlek, Pukau Pengunjung Kelenteng

05 Februari 2019, 17: 01: 52 WIB | editor : Didin Cahya FS

Barongsai Sambut Pergantian Tahun Imlek, Pukau Pengunjung Kelenteng

 BLITAR KOTA - Pergantian malam tahun baru Imlek 2570 dimanfaatkan oleh warga keturunan Tionghoa dengan penuh sukacita di Kelenteng Poo An Kiong, tadi malam Senin (4/2). Berbagai hiburan ditampilkan.

Salah satu penampilan yang memukau adalah atraksi barongsai. Dua barongsai dengan model yang berbeda itu mampu menghibur para warga Tionghoa yang akan melaksanakan ibadah. Bukan hanya itu, warga sekitar kelenteng yang ikut menyaksikan juga terhibur. 

Atraksi demi atraksi barongsai sesekali membuat penonton tegang. Gerakan-gerakan lincah dan lihai, naik-turun itu sempat membuat penonton teriak histeris. Karena para pemain sudah terlatih, sejumlah gerakan ekstrem pun sukses dilakukan. "Barongsai ini sudah jadi tradisi kami menyambut Imlek," ujar Wakil Ketua Kelenteng Poo An Kiong, Tan Swan Kiang, kepada radartulungagung.id 

Pria yang akrab dipanggil A Lik ini mengatakan, barongsai ini tidak sekedar menghibur warga Tionghoa yang datang ke klenteng. Tetapi juga menghibur warga masyarakat sekitar klenteng. "Kami juga ada bagi-bagi angpao ke masyarakat. Ini wujud syukur kepada Tuhan sehingga kami bagi-bagi rezeki juga," terang pria ramah ini. 

Momen yang ditunggu-tunggu masyarakat dan para pengunjung klenteng adalah bagi-bagi angpao. Khususnya anak-anak yang tampak antusias membagi-bagi angpao ke barongsai (pemain  barongsai). "Bagi-bagi angpao ke barongsai itu wujud syukur atas rezeki yang diberikan selama ini. Selain itu, menurut kepercayaan juga dianggap membuang sial," tandas pria berkulit putih ini. 

(rt/abd/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia