Sabtu, 23 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Pembagian Suplemen Vitamin A dilaksanakan Bulan Ferbuari dan Agustus

07 Februari 2019, 14: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

IMUNISASI: Salah seorang balita ketika mendapat vitamin A Rabu (6/2).

IMUNISASI: Salah seorang balita ketika mendapat vitamin A Rabu (6/2). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

TULUNGAGUNG – Vitamin A merupakan salah satu vitamin penting bagi kinerja organ tubuh, terutama mata. Untuk itu, setiap bulan Februari dan Agustus dilakukan pembagian suplemen vitamin A pada balita dan anak-anak usia 6 bulan hingga 5 tahun.

Kepala Puskesmas Ngantru Suwanto menjelaskan, program tersebut diutamakan pada posyandu desa. Pasalnya, lebih mudah dalam menjangkau masyarakat. Namun, puskesmas tetap menyediakan vitamin A. “Agar lebih cepat sampai pada masyarakat, memang fokusnya di posyandu. Namun di poli KIA (kesehatan ibu dan anak) juga ada,” jelasnya Rabu (6/2).

Dia melanjutkan, pembagian suplementasi vitamin A terbagi menjadi dua. Yakni kapsul biru untuk balita usia 6 hingga 11 bulan. Kapsul merah untuk anak usia 12 bulan hingga 5 tahun. Masing-masing memiliki dosis yang berbeda. Untuk kapsul biru, dosis 100.000 IU. Sementara kapsul merah, dosis 200.000 IU. Vitamin A penting. Pasalnya, dapat mengurangi risiko kematian akibat campak pada anak usia di bawah dua tahun.

Pria ramah ini mengimbau masyarakat untuk tidak ragu membawa putra-putri mereka ke puskesmas maupun posyandu terdekat agar dapat vitamin A.

(rt/did/nda/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia