Sabtu, 23 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Cerita Sulitnya Menemukan Nisan Makam Menak Sopal (2)

08 Februari 2019, 23: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

BELUM TERKUAK: TACB dari Provinsi Jatim ketika mencari data untuk menguak hilangnya batu nisan di makam Menak Sopal.

BELUM TERKUAK: TACB dari Provinsi Jatim ketika mencari data untuk menguak hilangnya batu nisan di makam Menak Sopal. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

Beberapa Minggu (20/1) lalu, sebagian masyarakat Kota Keripik Tempe khususnya para pecinta benda cagar budaya dibuat tercengang akan hilangnya dua buah batu nisan di wilayah makam Ki Ageng Menak Sopal. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan pihak terkait dalam upaya mencari keberadaan benda cagar budaya tersebut. Salah satunya, mendatangkan ahli cagar budaya.

ZAKI JAZAI

Hal itu karena masyarakat yang hidup kini tidak bisa dilepaskan dari sejarah. Sebab, apa yang terjadi kini merupakan akibat hal yang dilakukan orang zaman terdahulu. Juga tidak menutup kemungkinan apa yang dilakukan kini akan berdampak di kemudian hari. Untuk itu, kini Pemkab Trenggalek harus lebih serius lagi dalam hal menjaga benda cagar budaya. Salah satunya dengan membentuk tim ahli cagar budaya (TACB). Sebab, hal itu telah diamanatkan dalam undang-undang. Sehingga dengan telah dibentuknya TACB, nantinya benda-benda yang diduga merupakan benda cagar budaya bisa dibukukan dan dicatat dengan surat keputusan kepala daerah setempat.

Sedangkan terkait hasil tinjauan pada makam, nantinya pemkab perlu melakukan maintenance. Sebab, tidak mungkin dilakukan evakuasi karena bentuknya makam. Makam termasuk dalam situs yang berarti tidak mungkin dilakukan ekskavasi untuk mendukung temuan lain. Untuk itu, nanti pihaknya akan bekerja sama dengan kelompok atau komunitas pemberhati budaya, khususnya di Trenggalek.

Itu dilakukan untuk mencari data dan dugaan benda yang berada di daerah lain yang kemungkinan merupakan batu nisan yang dicuri. Selain itu, juga bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim untuk mencari data-data perihal makam Menak Sopal tersebut. Mengingat sudah masuk registrasi BPCB.

(rt/zak/did/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia