Selasa, 19 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Anggota Pramuka Mengabdi di Desa Pinggiran (I)

Setiap Hari Ikut Bersihkan Kandan, Perah Susu

11 Februari 2019, 06: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

MENGABDI: Anggota Pramuka kerja bakti dengan masyarakat membangun masjid.

MENGABDI: Anggota Pramuka kerja bakti dengan masyarakat membangun masjid. (AGUS DWIYONO/RADAR TULUNGAGUNG)

 Belajar tidak harus di sekolah. Seperti yang dilakukan Pramuka IAIN Tulungagung di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo. Selama seminggu, mereka banyak mendapatkan pelajaran langsung dari masyarakat, mulai gotong royong, berladang, hingga beternak.

AGUS DWIYONO

Suasana sejuk khas perdesaan sangat terasa saat wartawan Koran ini, Jumat (8/7) lalu, saat menginap di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo. Hawa dingin pagi terasa menusuk hingga tulang. Ini karena desa yang berada di wilayah pegunungan tersebut masih banyak pohon besar dan rindang.

Namun, hal itu tidak membuat puluhan anggota Pramuka IAIN Tulungagung patah semangat melakukan kegiatan pengabdian calon anggota pramuka di desa yang berada di lereng Gunung Wilis tersebut.

Saat ditemui di posko panitia, Ketua Dewan Racana (KDR) Pramuka IAIN Tulungagung Aldesir Zahedi mengaku, kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu persyaratan mahasiswa baru (maba) bergabung menjadi anggota Pramuka IAIN Tulungagung. Yakni mengenalkan sejak dini dengan masyarakat langsung. ”Hal ini kami pilih sebagai bentuk Pramuka ikut dalam membangun masyarakat,” jelasnya.

Dia mengaku, kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini memilih lokasi yang jauh dengan perkotaan. Seperti saat ini, berada di desa dengan perbatasan Trenggalek. Peserta yang ikut ada 52 mahasiswa. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok. Per kelompok dua hingga tiga mahasiswa. Kelompok disebar ke 18 rumah di tiga dusun di Desa Sidomulyo. ”Sedangkan panitia sekitar 25 mahasiswa tinggal di posko,” ujarnya.

Remaja 21 tahun itu mengatakan, kelompok tersebut menginap selama seminggu dengan keluarga yang ditempati. ”Mereka harus ikut mengerjakan pekerjaan sehari-hari keluarga rumah tersebut. Serta membantu kegiatan masyarakat seperti kerja bakti dan pemberdayaan di bidang budaya, peternakan, dan pertanian untuk dijadikan penelitian,” jelas mahasiswa semester VI itu.

(rt/iyo/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia