Rabu, 24 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Features

Anggota Pramuka Mengabdi di Desa Pinggiran (II-Habis)

Rela Cari Rumput Untuk Pakan Sapi

11 Februari 2019, 05: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

MENGABDI: Anggota Pramuka kerja bakti dengan masyarakat membangun masjid.

MENGABDI: Anggota Pramuka kerja bakti dengan masyarakat membangun masjid. (AGUS DWIYONO/RADAR TULUNGAGUNG)

Belajar tidak harus di sekolah. Seperti yang dilakukan Pramuka IAIN Tulungagung di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo. Selama seminggu, mereka banyak mendapatkan pelajaran langsung dari masyarakat, mulai gotong royong, berladang, hingga beternak.

AGUS DWIYONO

Salah seorang peserta, Fiqi Faridhatun Naili Azizah mengaku, udara di perdesaan sangat asri dan dingin. Keramahan masyarakat perdesaan tidak diragukan. ”Kami belajar bermasyarakat secara langsung dan akan kami praktikan kelak,” jelasnya.

Menurut dia, baru kali pertama ini beraktivitas dengan bercengkrama. Bahkan, dirinya harus beraktivitas seperti keluarga yang ditempati. ”Sejak pagi sudah bersih-bersih rumah dan ikut ke ladang mencari rumput untuk pakan sapi,” ujarnya.

Mahasiswi jurusan hukum ekonomi syariah itu mengaku banyak pengalaman yang diperoleh. Salah satunya, selama seminggu ikut membersihkan kandang sapi, dilanjutkan memandikan sapi perah. ”Karena mayoritas warga sini peternak sapi, kami juga diajarkan bagaimana memerah susu sapi dan memberikan vitamin,” katanya.

Kegiatan lain, ikut gotong royong membersihkan lingkungan, memberikan les kepada anak-anak sekitar, serta membina satuannya di SD. ”Kami juga menyosialisasikan bahaya penyakit demam berdarah dengan sosialisasi jentik-jentik nyamuk,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kegiatan itu selama seminggu dan kemarin (9/2) merupakan hari terakhir. Kegiatan puncaknya berupa pentas seni dan pengajian akbar dengan masyarakat Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo. ”Setelah ini kami bersama-sama menuju kampus seperti kami bersama-sama datang,” ujarnya. 

(rt/iyo/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia