Selasa, 19 Feb 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Catat Empat Faktor Pengaruhi Produksi ASI Setelah Melahirkan

11 Februari 2019, 07: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

ASI EKSKLUSIF: Ratih ketika menggendong buah hatinya, Alby, yang hendak menyusui.

ASI EKSKLUSIF: Ratih ketika menggendong buah hatinya, Alby, yang hendak menyusui. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RADARTULUNGAGUNG)

TULUNGAGUNG - Air susu ibu (ASI) merupakan hal penting bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Kandungan dalam ASI mampu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Tak heran, banyak ibu berharap dapat memberikan ASI eksklusif pada buah hati. Namun tak jarang, sejumlah ibu merasa khawatir tidak dapat memberikan ASI secara maksimal pada buah hati. Lantas apa yang harus dilakukan?

Tak sedikit, ibu yang baru melahirkan kerap cemas apakah produksi ASI mampu mencukupi kebutuhan bayi atau tidak. Padahal, rasa cemas akan hal ini dapat berpengaruh pada produksi ASI yang menurun. Konselor Laktasi, Nurul Azizah menjelaskan, setidaknya ada empat faktor yang berpengaruh pada produksi ASI. Yakni hormon, kecukupan nutrisi, manajemen pengeluaran ASI, dan manajemen emosi.

Azizah menjelaskan, pada dasarnya ASI seorang ibu bersifat on demmand. Artinya, selama ASI terus dan selalu dikeluarkan, produksi ASI pun akan terus selalu ada. Begitu pula sebaliknya, jika ASI tidak dikeluarkan, maka produksi ASI pun akan menurun. “Semakin sering ASI dikeluarkan, entah menyusui langsung atau dipompa, produksi ASI juga akan selalu ada,” jelasnya.

Dalam menyusui, terdapat hormon oksitosin dan hormon prolaktin yang memengaruhi keluarnya ASI. Hormon oksitosin adalah hormon yang merangsang keluarnya ASI. Sementara hormon prolaktin merupakan hormon yang memengaruhi proses produksi ASI. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang menyusui untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti sawi dan juga kacang-kacangan untuk membantu memenuhi nutrisi saat menyusui.

(rt/nda/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia