Selasa, 19 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
RaTu Event

Unas Mandiri Cocok untuk Persiapan UNBK

01 Maret 2019, 13: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

LEBIH SIAP: Siswa kelas IX SMPN 1 Trenggalek mengerjakan Unas Mandiri dari Jawa Pos Radar Tulungagung di kelasnya Kamis (28/2).

LEBIH SIAP: Siswa kelas IX SMPN 1 Trenggalek mengerjakan Unas Mandiri dari Jawa Pos Radar Tulungagung di kelasnya Kamis (28/2). (ZAKI JAZAI/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK - Kendati Pemuatan soal latihan Unas Mandiri oleh Jawa Pos Radar Tulungagung mulai dilaksanakan Rabu (27/2) lalu. Namun keseriusan siswa dalam mengerjakan masih terlihat Kamis (28/2). Seperti terlihat di SMPN 1 Trenggalek yang seluruh siswa tampak serius mengerjakan soal yang dimuat dalam Koran tersebut.

Berdasarkan informasi yang didapat Jawa Pos Radar Trenggalek di lokasi, terlihat antusias para siswa calon peserta ujian nasional (UN) ketika mengerjakan soal tersebut. Mereka dengan saksama membaca dan meneliti soal beserta jawaban yang terdapat pada halaman koran tersebut. Sesekali, beberapa siswa mengambil secarik kertas yang digunakan untuk berhitung, khususnya pada mata pelajaran (mapel) matematika. ”Seperti tahun sebelumnya, memang tahun ini kami melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Namun soal yang dikerjakan nanti kisi-kisinya sama dengan yang ada pada Unas Mandiri ini. Jadi sangat cocok untuk belajar,” ungkap salah satu guru SMPN 1 Trenggalek, Muji Hartanto.

Dia melanjutkan, dari situ sekolah tidak ragu lagi ambil bagian dalam Unas Mandiri yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Tulungagung. Sebab, bisa menambah kemampuan siswa, mengingat jadwal UNBK tahun ini diajukan dari jadwal semula. Selain itu, juga karena para peserta yang memiliki nilai terbaik akan diadu bersama peserta dari sekolah lainnya. Sehingga bisa menambah motivasi siswa bersangkutan agar tidak kalah dengan siswa lainnya. “Dengan ini, pastinya belajar siswa bisa meningkat untuk mendapatkan nilai terbaik. Bahkan bisa juara. Selain itu, kami tidak ingin hanya keluar sebagai juara, tapi para peserta harus paham akan soal yang diujikan. Makanya kendati boleh dibawa pulang, pengerjaannya dilakukan di sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Viqtor, salah satu siswa kelas IX SMPN 1 Trenggalek mengaku, soal yang terdapat pada koran Jawa Pos Radar Tulungagung sedikit menantang. Bisa menumbuhkan motivasinya beserta teman-temannya lain untuk belajar guna mencari jawaban yang tepat bagi beberapa soal. Sebab, setelah lembar jawaban komputer (LJK) dikumpulkan, soal pada koran bisa dibawa pulang. Dari situ, beberapa soal yang dianggap sulit dirinya akan mencari jawabannya dengan membaca buku pelajaran dan saling sharing dengan temannya. “Kami tidak ingin kalah dengan peserta dari sekolah lainnya. Makanya soal ini akan dikerjakan semaksimal mungkin. Selain itu, pelaksanaan unas mandiri ini akan semakin memotivasi kami untuk belajar,” imbuhnya. 

(rt/zak/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia