Selasa, 19 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Begini Cara Membuat Lasagna Dengan Mudah

03 Maret 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

LEZAT: Lasagna memiliki rasa yang enak dan gurih, perpaduan dan kombinasi pasta lembut dengan saus bechamel atau white sauce, yang lembut serta berlimpahnya keju.

LEZAT: Lasagna memiliki rasa yang enak dan gurih, perpaduan dan kombinasi pasta lembut dengan saus bechamel atau white sauce, yang lembut serta berlimpahnya keju. (SALLY VYTRIANA FOR RATU)

TULUNGAGUNG- Berbeda dengan pasta fettuccine atau spaghetti, lasagna dibuat dari lembaran adonan pasta gepeng yang disusun dengan tambahan isian. Salah satunya beef atau daging. Selain itu, lasagna memiliki ciri khas berupa saus kental, kaya keju, dan rempah khas Italia seperti basil, oregano, dan rempah lainnya.

Nah, untuk bahan pasta, owner Sally’s Kitchen, Sally -sapaan akrab Sally Vytriana- mengaku,  memilih menggunakan tepung semolina. Tepung tersebut merupakan bahan pangan yang aman dikonsumsi bagi para penderita alergi gandum. “Saat disendok, terlihat empat lapisan pasta, olesan saus bachamel, keju mozzarella, dan saus daging yang cukup melimpah. Di antara toping dan lapisan pasta, terlihat oregano kering, menambah aroma gurih yang khas," tambahnya

Wanita ramah ini mengatakan, untuk membuat lasagna cukup mudah. Namun agar rasanya lezat dan tidak eneg ketika dimakan, Sally memilih bahan-bahan yang terbaik. Sebab, bagi Sally, rasa itu mencerminkan kualitas. Bahan yang dibutuhkan di antaranya lasagna sheet pasta, daging sapi giling, keju ricotta, krim keju, keju cheddar, keju mozzarela, susu cair low fat/full cream, butter salted, tepung terigu protein rendah, protein, pure tomato, pasta tomato, bawang bombay, pala, lada, garam, daun basil dicincang, serta oregano.

“Agar mendapatkan rasa yang enak, disarankan jangan mengganti resep atau skip bahan. Tetap pertahankan resep aslinya. Pemilihan bahan dengan kualitas yang baik dan hindari campuran pengawet,” saran Sally.

Ada dua adonan yang harus dibuat terlebih dahulu sebelum disajikan dan dipanggang. Pertama, membuat adonan saus bechamel. Yakni dengan memanaskan salted butter. Kemudian tambahkan tepung terigu sampai adonan kalis. Selanjutnya, masukkan susu cair, keju cheddar, krim keju, dan ricotta. Aduk sampai tekstur lembut. Tambahkan pala, lada, garam secukupnya, hingga mendapatkan rasa yang sesuai.

Adonan kedua, yakni membuat isian daging. Dengan sedikit butter dipanaskan. Kemudian, masukkan bawang bombay, daging giling, pure tomato, pasta tomat, aduk hingga matang. Lalu masukkan basil dan oregano. Tambahkan garam secukupnya.

“Jika kedua adonan tersebut sudah jadi, tinggal penyajiannya. Yakni menyusunnya dengan pasta lasagna," tambahnya

Untuk menyusun, terlebih dahulu pasta lasagna direndam dengan air panas agar lunak dan mudah disusun. Kemudian, susun dengan cara, lapisan paling bawah sheet pasta, lalu lapisan kedua saus bechamel, lapisan ketiga saus daging yang tadi sudah dibuat, dan lapisan keempat keju mozzarella. Ulangi urutan susunan tersebut hingga penuh. “Langkah terakhir, panggang di oven dengan suhu 250 derajat Celcius selama 45 menit,” tuturnya

Sally mengatakan, lasagna ini memiliki daya tahan untuk suhu ruangan sekitar sehari. Namun jika dimasukkan lemari es, bisa sampai 2 minggu. Dengan catatan, penyimpanan harus benar. Namun, Lasagna ini disarankan disajikan selagi hangat. “Jika masuk freezer ya panaskan kembali dalam microwave supaya saus bechamel dan mozzarella meleleh kembali. Jangan lupa sajikan dengan saus sambal. Dijamin hati yang galau berubah jadi happy. Karena ini bisa menjadi mood booster,” ucapnya sambil tersenyum.

(rt/lai/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia