Minggu, 21 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Pantai Pasur Minim Infrastruktur

04 Maret 2019, 18: 25: 59 WIB | editor : Retta wulansari

BELUM DIGALI: Keindahan Pantai Pasur yang berada di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung.

BELUM DIGALI: Keindahan Pantai Pasur yang berada di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN – Wilayah Kabupaten Blitar banyak dijumpai lokasi wisata. Sayangnya, banyaknya potensi wisata yang ada tidak digali maksimal. Padahal jika potensi tersebut dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin menjadi tempat wisata andalan. Salah satu tempat yang memiliki potensi wisata yakni Pantai Pasur yang ada di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung.

 Pantai di pesisir selatan ini menyuguhkan keindahan panorama alam, perpaduan antara laut dan pegunungan. Namun, masih banyak pelancong yang tidak tahu keindahan alam Pantai Pasur. Sebab, banyak wisatawan yang enggan datang ke pantai tersebut. “Apalagi kalau musim hujan, banyak pengunjung yang malas datang ke sini,” ungkap Suminto, warga setempat.

Hal itu terjadi lantaran akses menuju Pantai Pasur itu masih sulit. Kondisi tersebut patut disayangkan. Sebab, potensi wisata di Pantai Pasur tidak tereksplor maksimal hanya karena kondisi akses jalan.

 Menurut dia, selain menyuguhkan keindahan alam, Pantai Pasur sejatinya tempat surganya para pemancing. Sebab, di pantai tersebut terdapat banyak ikan. Jadi setiap hari warga sekitar datang untuk mencari ikan di pantai tersebut. “Yang sering datang ke sini (Pantai Pasur) bukan pelancong, melainkan pemancing,” ujarnya.

Dia berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar bisa tanggap terhadap potensi wisata di Pantai Pasur. Jika Pantai Pasur banyak dikunjungi pelancong, bukan tidak mungkin akan meningkatkan perekonomian warga setempat. “Sebenarnya banyak warga sini yang membuka warung di tepi pantai. Tapi karena sepi pengunjung, banyak warung yang tutup,” jelasnya.

 Seperti diinformasikan sejak tahun lalu, sebenarnya Pemkab Blitar telah membangun sarana dan prasarana (sarpras) berupa membangun akses jalan menuju ke sejumlah tempat wisata. Hanya saja, pembangunan akses jalan wisata hanya untuk beberapa tempat saja. Yakni Kawasan Wisata Penataran (KWP) Kecamatan Nglegok, Pantai Serang Kecamatan Panggungrejo, dan Perkebunan Teh, Sirah Kencong Kecamatan Wlingi.

(rt/kan/abd/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia