Selasa, 19 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
RaTu Event

Soal Tryout Mandiri Sesuai Kisi-Kisi

09 Maret 2019, 18: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

APA JAWABANNYA?: Siswa kelas VI SDN 1 Sumbergedong mengerjakan soal tryout nasional mandiri 2019 di ruang kelas Jumat (8/3).

APA JAWABANNYA?: Siswa kelas VI SDN 1 Sumbergedong mengerjakan soal tryout nasional mandiri 2019 di ruang kelas Jumat (8/3). (ZAKI JAZAI/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Latihan ujian atau tryout nasional mandiri 2019 yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Tulungagung bersama Primagama, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Trenggalek untuk jenjang SD sederajat digelar serentak Rabu (6/3) lalu. Namun, antusiasme peserta dalam mengerjakan soal yang dimuat dalam koran tersebut terlihat Jumat (8/3). Ini seperti di SDN 1 Sumbergedong, Trenggalek.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Trenggalek di lokasi, proses pengerjaan telah dilakukan sejak pagi hari usai bel jam pertama pelajaran dimulai sekitar pukul 07.00. Alasannya,  sekolah menginginkan seluruh siswa menyelesaikan soal di sekolah dan tidak boleh dibawa pulang. Tujuannya, agar sekolah mengetahui tingkat kejujuran siswa mengenai pemahaman soal. Jadi, guru akan mengetahui soal jenis apa yang dirasa sulit dan menerangkan kembali kepada siswa agar paham. “Memang, soal di Koran ini bisa dikerjakan di rumah. Namun kami tidak ingin itu karena ingin melihat seberapa kemampuan siswa yang nantinya dilakukan pada saat pembahasan soal bersama-sama,” ungkap guru kelas VI SDN 1 Sumbergedong Muhadi.

Dia melanjutkan, soal tersebut dikerjakan sejak pagi hari sampai istirahat dan diteruskan kembali usai istirahat. Dengan demikian, siswa memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikannya dan mengumpulkan lembar jawaban sebelum pulang. “Memang jika dikalkulasi, total siswa membutuhkan waktu enam jam untuk menyelesaikannya. Namun kami yakin siswa di sini bisa menyelesaikan kendati waktu kurang dari itu,” jlentrehnya.

Tingkat kesulitan soal sudah tepat untuk latihan mengerjakan ujian sekolah berbasis nasional (USBN) sebenarnya. Sebab, soal yang ada sudah seperti kisi-kisi yang direkomendasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Yang perlu menjadi perhatian adalah belum terdapatnya soal uraian dan lembar jawabannya menggunakan lembar jawaban komputer (LJK). Dengan demikian, diharapkan semua siswa kelas VI sudah matang dalam menghadapi USBN yang dijadwalkan berlangsung mulai Senin (22/4) hingga Rabu (24/4) mendatang. “Sekolah telah berupaya semaksimal mungkin dalam menyiapkan siswa untuk pelaksanaan USBN mendatang. Nanti kami akan melakukan pembahasan bersama terkait soal di koran yang dirasa suluit,” jelasnya.

Sementara itu, seorang siswa SD tersebut yang juga menjadi peserta, Tri Rahaya Widio mengatakan, soal yang disajikan tidak begitu sulit. Semuanya telah diterangkan oleh guru ketika KBM berlangsung. Untuk itu, dirinya optimistis mendapat nilai bagus setelah menyelesaikan soal. Sedangkan mengenai soal yang dianggapnya sedikit sulit adalah bahasa Matematika. Perlu pemahaman yang baik antara maksud soal dan memasukkannya ke dalam rumus. “Semoga saja jawabanku ini benar dan bisa mendapat nilai bagus. Bukan hanya pada latihan, melainkan juga US nanti,” jelasnya. 

(rt/zak/dre/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia