Selasa, 19 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Saluran Sanitasi Rusak Akibat Banjir Akan Ancam Kesehatan Warga

13 Maret 2019, 22: 15: 59 WIB | editor : Retta wulansari

DAMPAK BANJIR: Kerusakan trotoar di Jalan Soekarno-Hatta sepertinya tidak masuk dalam prioritas penanganan. Padahal, ada banyak septic tank warga di tiga kecamatan yang meluber dan butuh penanganan segera.

DAMPAK BANJIR: Kerusakan trotoar di Jalan Soekarno-Hatta sepertinya tidak masuk dalam prioritas penanganan. Padahal, ada banyak septic tank warga di tiga kecamatan yang meluber dan butuh penanganan segera. (AGUS MUHAIMIN/RADAR TRENGGALEK)

TRENGGALEK – Kerusakan infrastruktur saluran sanitasi yang terdampak pascabanjir masih terus dilakukan pendataan. Plt kepala dinas perumahan kawasan permukiman dan lingkungan hidup (DPKPLH) Joko Wahono mengungkapkan, ada informasi mengenai kerusakan saluran sanitasi (water closed, Red) warga di sejumlah kecamatan. Karena terendam banjir, WC milik warga tersebut meluap dan bisa berdampak pada kesehatan masyarakat. Pihaknya belum bisa menyebutkan lokasi dan titik kerusakan tersebut lantaran masih terus melakukan pendataan. “Kami masih koordinasi dengan dinas kesehatan mengenai di mana saja titiknya,” jelasnya.

Nantinya, sambung Joko, pihaknya akan menghitung besaran anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan kebocoran atau melubernya saluran sanitasi tersebut. Karena tidak ada anggaran khusus untuk kegiatan ini, pihaknya berinisiatif untuk menggunakan anggaran tak terduga yang ada di APBD 2019. “Nanti per item butuh biaya. Tinggal ngalikan jumlah yang perlu ditangani,” tuturnya.

Perlu diketahui, tak hanya puluhan rumah warga, sejumlah infrastruktur juga rusak akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi pada Jumat lalu. Mulai dari jembatan jalan hingga trotoar berantakan dilanda derasnya arus air. Di sisi lain, pemerintah hanya memiliki alokasi sekitar Rp 8 miliar anggaran tak terduga tahun ini. Jadi, pemerintah harus selektif dalam pengalokasian anggaran tersebut.

(rt/dre/muh/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia