Minggu, 21 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Begini Langkah KPU Kota Blitar Setelah Temukan WNA Jepang Masuk DPT

14 Maret 2019, 22: 15: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

TELITI : Tampak surat rekomendasi dari Bawaslu Kota Blitar terkait WNA.

TELITI : Tampak surat rekomendasi dari Bawaslu Kota Blitar terkait WNA. (MUHAMMAD SUBCHAN/RADARTULUNGAGUNG.ID)

 KOTA BLITAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menemukan satu warga negara asing (WNA) masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. WNA yang masuk DPT itu diketahui merupakan warga asal Jepang.

Dari temuan itu, KPU akan mencoret WNA asal Jepang itu dari DPT pemilu 2019. Pencoretan itu sesuai dengan intruksi dari KPU RI dan Bawaslu. "Pasti kami coret. Nanti, bukti pencoretan itu terlihat ketika DPT ditampilkan pada hari pencoblosan," kata  Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Perencanaan dan Data Choirul Umam.

Di samping itu, KPU mengaku mengalami kendala ketika proses pengecekan WNA di Kota Blitar yang masuk DPT. Itu dialami ketika KPU meminta data terkait WNA yang tinggal di Kota Blitar melalui Dispendukcapil Kota Blitar.

Dispendukcapil, jelas Umam, mengaku kesulitan untuk mengeluarkan data warga apapun secara spesifik karena terkendala kebijakan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Memang aturan dari kemendagri melarang untuk tidak mengeluarkan data spesifik warga. Tetapi, karena ini kebutuhan Pemilu 2019, akhirnya bisa," ujarnya.

(rt/abd/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia