Selasa, 19 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Petani Merasa Waswas Akibat Hama Tanaman di Musim Tanam Tahun Ini

15 Maret 2019, 16: 05: 59 WIB | editor : Retta wulansari

WASPADA: Salah seorang petani sedang membersihkan rumput liar yang ada di area persawahan Desa Papungan, Kanigoro Kamis (14/03).

WASPADA: Salah seorang petani sedang membersihkan rumput liar yang ada di area persawahan Desa Papungan, Kanigoro Kamis (14/03). (SYAIFUL ANWAR/RADARTULUNGAGUNG.ID)

BLITAR KABUPATEN - Petani di Kabupaten Blitar yang melakukan musim tanam tahun ini, ekstra waspada terhadap hama pengganggu tanaman. Pasalnya cuaca ekstrem diprediksi melanda di sepanjang tahun ini.

Dikhawatirkan hama yang menyerang tanaman, bakal berdampak pada hasil panen yang tidak sesuai dengan harapan. Bahkan bisa menyebabkan gagal panen.

Berdasarkan pantauan di sejumlah lokasi pertanian, beberapa petani mengaku khawatir terhadap serangan hama wereng dan juga hama potong leher.  Hal itu bisa dilihat dari banyaknya endapan air di area persawahan yang tak kunjung surut. “Endapan air dipastikan bisa memunculkan hama wereng,” ungkap Warno, salah seorang petani asal Desa Papungan, Kecamatan Kanigoro.

Dia mengaku tahun ini bakal terjadi serangan hama wereng dan hama potong leher. Seperti yang terjadi tahun sebelumnya. Untuk itu, dia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar segera bertindak. Misalnya menyediakan obat penangkal hama, agar petani tidak sampai gagal panen. “Untuk antisipasi serangan hama, rencananya pertengahan tahun, kami tidak menanam padi, tapi menanam jagung,” ungkap pria paruh baya itu.

(rt/abd/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia