Selasa, 19 Mar 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Dispertan Jawab Rasa Waswas Petani dan Beri Solusi Agar Tetap Panen

15 Maret 2019, 17: 01: 59 WIB | editor : Retta wulansari

WASPADA: Salah seorang petani sedang membersihkan rumput liar yang ada di area persawahan Desa Papungan, Kanigoro Kamis (14/03).

WASPADA: Salah seorang petani sedang membersihkan rumput liar yang ada di area persawahan Desa Papungan, Kanigoro Kamis (14/03). (SYAIFUL ANWAR/RADARTULUNGAGUNG.ID)

BLITAR KABUPATEN - Petani di Kabupaten Blitar yang melakukan musim tanam tahun ini, ekstra waspada terhadap hama pengganggu tanaman. Pasalnya cuaca ekstrem diprediksi melanda di sepanjang tahun ini.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Blitar Wawan Widianto mengatakan, meminta agar petani terus mengontrol kondisi tanaman dan melakukan tindakan antisipasi di saat cuaca ekstrem datang. Sebab datangnya seringkali berdampak hama penyerang tanaman. “Cuaca ekstrem selain merusak tanaman juga menyebabkan datangnya hama. Hal inilah yang bisa berdampak pada gagal panen,” urainya.

Dinas akan melakukan beberapa tindakan. Di antaranya akan rutin mensosialisasikan ancaman hama dan cuaca ekstrem ke seluruh petani di Kabupaten Blitar. Sehingga petani bisa sigap melakukan tindakan antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan.

“Dengan demikian harapan kami petani tetap bisa memanen hasil pertanian, meski hama menyerang atau ada gangguan cuaca,” ujarnya.

(rt/abd/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia