Kamis, 25 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Ekonomi

Jelang Ramadan, Harga Telur dan Daging Ayam Merangkak Naik

19 Maret 2019, 17: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

NAIK PERLAHAN: Ahmad menunggu pembeli telur di kios miliknya.

NAIK PERLAHAN: Ahmad menunggu pembeli telur di kios miliknya. (AYU FEBRIANA ANUGRAHINI / RADAR BLITAR)

BLITAR KOTA- Puasa Ramadan memang belum tiba. Masih dua bulan lagi. Namun, itu sudah berpengaruh terhadap harga beragam kebutuhan pokok di pasaran. Masalah satunya telur ayam. Bahan makanan kaya protein itu kini dijual sekitar Rp 22 ribu- Rp 23 ribu per kilogram.

Seperti di Pasar Templek. Informasi dari pedagang, kenaikan telur sudah mulai naik antara dua sampai tiga hari terakhir. Penyebab kenaikan tidak terlalu diketahui pasti. Namun pedagang memperkirakan karena jelang puasa Ramadan. “Naik karena akan mendekati puasa,” ujar Ahmad, salah seorang pedagang telur ayam.

Pria ramah itu mengatakan, harga telur awalnya sekitar Rp 21 ribu per kilogram. Itu dirasa masih normal. Namun kini, mulai naik. Diperkirakan harga bakal terus naik, meski tidak terlalu besar. “Bisa naik lagi, bisa juga turun. Sekarang ini juga banyak telur yang dikirim ke luar kota,” katanya.   

Bagaimana dengan pembeli? Ahmad mengaku masih normal. Dia pun berharap agar pembeli tetap ramai. Sebab jika sepi, tentu keuntungan penjual berkurang. 

Tak hanya telur, harga daging ayam juga naik. Awalnya, hanya Rp 28 ribu per kilogram. Kini, dijual sekitar Rp 29 ribu per kilogram. Kenaikan juga sudah terjadi sejak dua hari terakhir. “Kenaikan karena panen di peternak berkurang, sehingga stok menurun,” kata Deni salah seorang pedagang ayam.

Siti Marfuah, salah seorang pembeli berharap, harga telur ataupun daging ayam tidak naik. Sebab, itu merupakan bahan makanan yang banyak dibutuhkan orang. Selain itu, kenaikan juga bisa memicu naiknya bahan-bahan lainnya. “Tentunya semoga tidak naik. Tapi mau bagaimana lagi,” ucapnya pasrah.

(rt/whe/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia