Kamis, 25 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Rancangan Peraturan Daerah Tentang PJU Tunggu Jawaban Pemprov Jatim

23 Maret 2019, 03: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

ILUSTRASI

ILUSTRASI

BLITAR KABUPATEN – Dalam waktu dekat, isi dari Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penerangan Jalan Umum (PJU) bakal diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Ini untuk dievaluasi menjadi peraturan daerah (perda).

Penyerahan itu lantaran eksekutif dan legislatif menyelesaikan pembahasan. Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Bidang Jembatan dan Peralatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar Sugeng Winarno.

Dia mengatakan, pembahasan isi dari ranperda PJU dilakukan oleh dinas PUPR bersama Komisi III DPRD Kabupaten Blitar. Selain itu, juga melibatkan akademisi. “Sebentar lagi pembahasan sudah kelar dan final,” ungkapnya.

Menurut dia, secara garis besar, pembahasan sudah selesai dilakukan. Kini pihaknya tinggal memberikan saran dan masukan atas pembahasan yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Saran dan masukan atas pembahasan sangat diperlukan untuk menyempurnakan isi dari ranperda sebelum dijadikan perda. “Untuk itu, isi dari draf ranperda akan kami pelajari secara intern bersama tim PJU yang ada di dinas PUPR,” ujarnya.

Jika diperlukan, untuk memberi saran atau masukan, pihaknya akan menyampaikan hal itu ketika rapat bersama Komisi III DPRD Kabupaten Blitar. Pihaknya berharap perda PJU bisa lebih bermanfaat kepada masyarakat. Masyarakat juga turut merasakan proses pembangunan dan pemeliharaan PJU serta berharap adanya penghematan biaya dalam pembangunan dan pemeliharaan. “Karena sebelumnya PJU tidak diatur dalam perda, tahun ini dibuatkan,” jelasnya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Supriadi mengatakan, agar terjadi kesepakatan dalam isi yang telah dibahas. Pihaknya akan membahas ulang untuk menyepakati beberapa isi ranperda yang sudah dievaluasi atas saran dan masukan dari eksekutif. “Jika sudah dibahas dan dievaluasi, selanjutnya ranperda PJU akan kami kirim ke Provinsi Jawa Timur untuk dievaluasi gubernur,” imbuhnya

(rt/sai/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia