Minggu, 21 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Bakal Lebih Terawat, Tahun Ini ada Rp 450 Juta Untuk KWP

23 Maret 2019, 16: 00: 59 WIB | editor : Retta wulansari

TERUS DIKEMBANGKAN: Simpang tiga KWP menuju museum, kolam renang, dan Candi Penataran.

TERUS DIKEMBANGKAN: Simpang tiga KWP menuju museum, kolam renang, dan Candi Penataran. (SYAIFUL ANWAR/RADAR BLITAR)

BLITAR KABUPATEN – Museum Penataran yang berada di Kawasan Wisata Penataran (KWP) Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, tampaknya bakal lebih terawat. Tahun ini museum mendapatkan bantuan sebesar Rp 450 juta.

Dana itu untuk merawat sarana dan prasarana (sarpras) serta koleksi museum. Bantuan berasal dari pemerintah melalui bantuan operasional (BOP) berupa dana alokasi khusus (DAK) nonfisik. "Bantuan itu digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya nonfisik," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Budaya Dinas Pariwisata, Budaya, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar Hartono.

Menurut dia, bantuan nantinya akan digunakan untuk pemeliharaan koleksi, pemeliharaan ruang publik, serta pemeliharaan sarpras. Dengan demikian, bantuan tidak bisa digunakan untuk selain tiga hal itu. Sesuai petunjuk teknis (juknis) dari pusat, penggunaan bantuan itu memang hanya untuk tiga komponen tersebut," jelasnya.

Tiga komponen itu, di dalamnya juga mengatur untuk kegiatan belajar bersama di museum, sosialisasi, museum sekolah, serta pemeliharaan koleksi maupun pengembangan di ruang publik. “Yang jelas, bantuan itu untuk operasional museum. Bisa untuk perawatan dan program yang menunjang kegiatan museum,” ujarnya.

(rt/abd/red/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia