Minggu, 21 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

UNBK SMK di Kota Blitar Hari Ini, Server dan Listrik Jadi Perhatian

25 Maret 2019, 01: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

ILUSTRASI

ILUSTRASI

BLITAR KOTA - Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dimulai hari ini atau Senin (25/3). UNBK diawali untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sesuai jadwal, UNBK akan dilaksanakan selama empat hari. 

Kendala teknis berupa listrik padam hingga gangguan server menjadi perhatian utama dalam pelaksanaan UNBK. Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Wilayah Blitar Provinsi Jawa Timur sudah mengimbau ke seluruh sekolah untuk mempersiapkan UNBK secara matang. 

Terutama persiapan dari segi teknis. Mulai dari server komputer hingga kelistrikannya. "Baik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan Telkom sudah kami informasikan agar selama empat hari UNBK tidak ada listrik padam. Kecuali itu karena faktor alam," kata Kepala Cabang Dispendik Wilayah Blitar Provinsi Jatim Trisilo Budi Prasetyo, Minggu (24/3). 

Untuk mengantisipasi listrik padam, jelas dia, sekolah juga sudah mempersiapkan genset. Genset dipersiapkan apabila sewaktu-waktu listrik padam di tengah-tengah ujian berlangsung. "Dari genset itu nanti bisa meng-cover. Tetapi harapan kami semua lancar tidak ada hambatan," ujarnya. 

Trisilo juga memastikan, server UNBK aman selama server dari pusat tidak ada kendala. Untuk itu, sekolah bisa mengoptimalkan seluruh perangkat komputer untuk UNBK. "Jika ada gangguan segera diperbaiki," ujarnya. 

Hingga kini sekolah-sekolah sudah melakukan sinkronisasi dengan server pusat. Yakni Sinkronisasi server daerah dengan server provinsi maupun pusat. "Untuk Kota dan Kabupaten Blitar mulai kemarin sudah sinkronisasi .Artinya soal-soal sudah siap dan tinggal di buka melalui username dan token pada hari H," ungkapnya.

Pada UNBK tahun ini diikuti sebanyak 7.808 siswa se-Blitar Raya. Itu terdiri peserta Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Perinciannya, peserta dari SMK di Kota Blitar sebanyak 3.417 dan dari Kabupaten Blitar sebanyak 4.391

(rt/kan/abd/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia