Minggu, 21 Apr 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Penuturan Ahli Gizi Terkait Sejumlah Manfaat Mengonsumsi Cokelat

25 Maret 2019, 02: 30: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

MANIS: Seorang wanita menggigit cokelat batangan.

MANIS: Seorang wanita menggigit cokelat batangan. (AYU FEBRIANA ANUGRAHINI/RADARTULUNGAGUNG.ID)

 BLITAR KOTA- Hampir semua orang suka makan cokelat. Banyak pula yang beranggapan, ketika mengonsumsinya, hati menjadi senang.

Apalagi kini, cokelat juga diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tentu ini semakin menggoda untuk melahapnya. Cokelat susu, dark cokelat, cokelat mente, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Semua bisa diolah menjadi bahan utama makanan ataupun hanya untuk topping.

Menurut salah seorang ahli gizi di rumah sakit terkemuka di Kota Blitar, Endarwati Diah Kusumaningsih, cokelat kaya flavonoid (senyawa yang terdiri atas 15 atom karbon yang umumnya tersebar di tumbuhan).

Flavonoid tersebut berfungsi sebagai antioksidan. Yakni menangkap radikal bebas sehingga terlindug dari penyakit terutama kanker. “Ini juga bisa memperlambat penuaan,” ujarnya.

Dia mengatakan, cokelat juga mengandung kafein. Itu bisa meningkatkan daya ingat dan performa. Cokelat juga mempunyai fungsi lain. Yakni mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatan sirkulasi darah, dan menghindari kelelahan kronis.

Kelelehan kronis, lanjut wanita ramah itu, merupakan ancaman bagi kesehatan dan kebahagiaan seseorang. Penyakit ini dapat diperangi dengan mengonsumsi cokelat. Cokelat dapat membuat syaraf-syaraf kita menjadi lebih rileks. “Dengan begitu, seseorang akan lebih enjoy beraktivitas,” jelasnya ketika dikonfirmasi beberapa hari lalu.

(rt/abd/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia